Wisatawan asal Jabodetabek dilarang liburan ke Banten saat 6-17 Mei 2021

Kamis, 06 Mei 2021 | 06:39 WIB Sumber: Kompas.com
Wisatawan asal Jabodetabek dilarang liburan ke Banten saat 6-17 Mei 2021

ILUSTRASI. Ilustrasi penyekatan total larangan mudik lebaran. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj.


MUDIK LEBARAN - JAKARTA. Pada periode 6-17 Mei 2021, wisatawan asal Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dilarang liburan ke wilayah Serang, Pandeglang, Lebak, dan Cilegon. 

“Orang Jabodetabek enggak boleh ke Serang, orang Serang enggak boleh ke Jabodetabek,” kata Gubernur Banten Wahidin Halim di Pendopo Gubernur, Kota Serang, Senin (3/5/2021), mengutip Kompas.com, Senin. 

Petugas yang menemukan wisatawan asal Jabodetabek memasuki wilayah-wilayah di atas akan menyuruh mereka untuk putar balik. Penilangan juga akan diberlakukan. 

Lebih lanjut, Wahidin menegaskan bahwa wisatawan asal Tangerang Raya juga masuk dalam larangan meski secara administratif mereka masuk Provinsi Banten. 

Baca Juga: Larangan mudik Lebaran 2021 berlaku mulai hari ini, mudik lokal tidak boleh

“Cuma Gubernur gimana besok Lebaran? Dari Tangerang enggak boleh ke sini (Serang). Kalau enggak boleh enggak apa-apa, di rumah saja,” ujar dia. 

Melansir Kompas.com, Jumat (30/4/2021), Kepala Dinas Pariwisata Lebak Imam Rismahayadin juga menegaskan bahwa wisatawan selain dari Serang, Pandeglang, Lebak, dan Cirebon dilarang berkunjung ke sana. 

Kebijakan tersebut merupakan hasil rapat dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tentang pembukaan pariwisata hanya untuk wisatawan lokal. 
“Nanti ada penyekatan di Cilograng, Cipanas (untuk wilayah luar Banten), sementara perbatasan Serang, Pandeglang, dan Lebak tidak ada penyekatan berarti boleh ke Lebak,” kata dia.

Baca Juga: Bukan GeNose C19, Perhimpunan Dokter Paru bilang tes Covid-19 minimal rapid antigen

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru