Peristiwa

7 santri positif Covid-19, klaster baru muncul di Pondok Pesantren Gontor..

Kamis, 09 Juli 2020 | 06:19 WIB Sumber: Kompas.com
7 santri positif Covid-19, klaster baru muncul di Pondok Pesantren Gontor..

ILUSTRASI. Mural corona. KONTAN/Baihaki/17/4/2020

KONTAN.CO.ID - PONOROGO. Klaster baru virus Covid-19 muncul di wilayah Ponorogo, namanya klaster Pondok Gontor. Ceritanya, pada medio Juni 2020, seorang santri asal Sidoarjo datang ke Pondok Gontor 2 Desa Madusari, Siman, Ponorogo. Santri berusia 17 tahun itu kembali ke pondok dengan membawa surat keterangan sehat dan surat telah melakukan karantina mandiri yang ditandatangani walinya.

Setibanya di Pondok Pesantren Gontor, santri itu melakukan aktivitas seperti biasa. Belakangan, diketahui, santri itu positif Covid-19 dengan kategori orang tanpa gejala (OTG). Menyusul kemudian, 6 santri lainnya terpapar Covid-19 setelah dilakukan pelacakan. Sehingga total, jumlah santri yang terinfeksi corona di Pondok Gontor sebanyak 7 orang hingga Rabu (8/7/2020).

Baca Juga: Kabar duka, dua dokter bersaudara di Semarang meninggal karena Covid-19

Kondisi ayah santri diketahui dinas

Peristiwa diketahuinya santri pertama yang positif Covid-19 bermula dari informasi Dinas Kesehatan. Lima belas hari setelah santri itu masuk kembali ke Pondok Gontor, Dinkes memperoleh informasi bahwa ayah santri itu positif Covid-19.

Dari keterangan Ketua RW setempat wali santri yang positif Covid-19 merupakan seorang karyawan di salah satu bank. Kondisi sang ayah juga tak menunjukkan gejala sakit. Keluarga santri sempat menjalani rapid test dengan hasil non reaktif dan menjalani isolasi mandiri di rumah. Santri itu kemudian kembali ke pondok pesantren Gontor.

Baca Juga: Viral video ratusan orang di Jeneponto bongkar paksa peti jenazah pasien corona

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie


Terbaru