Anies: Curah hujan tinggi, kondisi tetap terkendali

Minggu, 21 Februari 2021 | 17:16 WIB   Reporter: Barly Haliem
Anies: Curah hujan tinggi, kondisi tetap terkendali

Relawan mengevakuasi warga dengan perahu karet akibat banjir yang melanda pemukiman di kawasan Cipinang Melayu, Jakarta, Jumat (19/2/2021). KONTAN/Fransiskus Simbolon


BANJIR JAKARTA - JAKARTA. Hujan deras kembali menguyur Jakarta sejak Jumat malam hingga Sabtu dinihari, 20 Februari 2021. Akibatnya, menurut data BPBD DKI Jakarta, sebanyak 113 RW di beberapa wilayah di Ibu Kota tergenang. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan curah hujan yang ekstrim penyebab banyak RW yang tergenang di Jakarta. "Meski curah hujan tinggi situasi tetap terkendali," kata Anies, Sabtu, 20 Februari 2021. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat curah hujan di Ibu Kota pada 20 Februari sebesar 226 milimeter per hari. Angka sebesar itu menurut BMKG termasuk kategori cuaca atau hujan ekstrim karena di atas 150 milimeter per hari. 

Tak hanya Jakarta yang sedang dilanda cuaca ekstrim. Sebelumnya, beberapa kota di Indonesia juga sempat dilanda hujan ekstrim. Di Semarang, misalnya. Pada 6 Februari 2021, kota itu diguyur hujan ekstrim dengan angka curah hujan menurut BMKG sebesar 177 milimeter per hari.

Baca Juga: PDIP: Mitigasi bencana banjir Pemprov DKI lemah

Karena curah hujan yang ekstrim itu membuat banyak genangan. BPBD mencatat belum ada area strategis yang terdampak dari derasnya hujan yang menguyur ibu kota. Luas Area yang tergenang pun sekitar 4 kilometer, jauh lebih kecil ketimbang luas genangan pada 1 Januari 2020 yang mencapai 156 kilometer. 

Anies mengatakan mengatakan genangan di kawasan yang semalam mengalami hujan deras mulai surut. "Sekarang sudah mulai surut genangannya," kata Anies. 

Meski begitu, ia mengatakan masih ada kawasan yang tergenang yakni di daerah dekat sungai yang meluap karena mendapat kiriman dari hulu. Misalnya Sungai Krukut. 

Ia mengatakan karena debit yang besar membuat air di Sungai Krukut meluap ke semua jalan yang di lalui. Seperti Jalan Kemang Raya, Tendean, Gatot Subroto, Sudirman, dan Bendungan Hilir. 

Selanjutnya: Siap-siap, DKI Jakarta diprediksi masih hujan lebat hingga seminggu ke depan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru