kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45754,84   29,02   4.00%
  • EMAS920.000 0,66%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Anies minta warga Jakarta tetap berada di rumah jelang hingga sesudah Lebaran


Jumat, 22 Mei 2020 / 19:27 WIB
Anies minta warga Jakarta tetap berada di rumah jelang hingga sesudah Lebaran
ILUSTRASI. Keterangan pers Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai penanggulangan Covid-19 di Jakarta

Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan bahwa saat ini Ibu Kota tidak aman untuk pelaksanaan ibadah shalat Idul Fitri secara berjemaah di masjid atau lapangan. Anies mengatakan, saat ini tak ada perbedaan antara satu kampung dengan kampung lainnya di Jakarta. 

"Bila ada yang bertanya apakah ada kampung hijau, kampung kuning, kampung merah, sesungguhnya Jakarta adalah satu kesatuan. Jakarta, Jabodetabek masih merupakan satu kesatuan episentrum di dalam penanganan wabah Covid-19," kata Anies dalam siaran langsung di akun Facebook Pemprov DKI Jakarta, Jumat, (22/5). 

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin minta maaf Covid-19 belum hilang saat Lebaran

Oleh karena itu, Anies berharap warga mengikuti himbauan MUI untuk melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri di rumah bersama seluruh anggota keluarga. Warga juga diharapkan tidak keluar rumah sebelum ataupun setelah Idul Fitri. 

"Saya ingin menggarisbawahi tetaplah berada di rumah pada hari menjelang Lebaran, di hari Lebaran dan di hari-hari sesudah Lebaran. Artinya Jangan sampai kita melonggarkan diri, melupakan kedisiplinan yang sudah kita jaga dua bulan supaya kita tidak harus kembali pada situasi di bulan Maret," ucap Anies. 

Anies menekankan, risiko penularan Corona masih tinggi. Potensi gelombang kedua penyebaran virus masih bisa terjadi. 

"Karena itu, kedisiplinan kita selama dua pekan ke depan akan menentukan apakah sesudah dua pekan ini kita bisa memulai fase transisi menuju normal baru di Ibu Kota," ucap Anies. 

Baca Juga: Anies: Belanja dan persiapan Idul Fitri berpotensi jadi penularan Covid-19

"Atau bila tidak disiplin, maka dua pekan kedepan akan terpaksa diteruskan pengetatan karena risiko penularan meningkat," tambah dia. 



TERBARU

[X]
×