CLOSE [X]

Askrindo Syariah Berkolaborasi dengan UNPAD dalam Dukung Wirausaha Muda

Rabu, 15 Mei 2024 | 18:50 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Askrindo Syariah Berkolaborasi dengan UNPAD dalam Dukung Wirausaha Muda

Penandatanganan MoU antara FEB UNPAD dan Askrindo Syariah terkait program magang, kerjasama perkuliahan dalam pengembangan usaha mikro dan lembaga keuangan mikro syariah, dan kerjasama?lainnya di Jatinangor, Jawa Barat, Rabu (15/5/2024). Askrindo Syariah Berkolaborasi dengan UNPAD dalam Dukung Wirausaha Muda.


EKONOMI SYARIAH -  JAKARTA. PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah (JPAS) menjalin Kerjasama dengan Universitas Padjajaran (UNPAD) dalam mendukung wirausaha muda, terutama dalam pengembangan usaha mikro dan lembaga keuangan mikro syariah, dan kerjasama lainnya.

Pada kesempatan rsebut, Komisaris Utama JPAS Siti Ma’rifah, memberikan kuliah umum di ruang Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Padjajaran (UNPAD), Jatinangor Jawa Barat, pada Rabu (15/5/2024). 

Acara tersebut dihadiri oleh lebih dari 200 mahasiswa dan dosen FEB serta dimoderatori oleh Asep Mulyana, Ketua Program Studi Magister Manajemen Keuangan Mikro Terpadu & Ketua Konsentrasi Kewirausahaan FEB UNPAD.

Baca Juga: Askrindo Syariah Teken Kerja Sama Kogaransi dengan 6 Jamkrida

Acara tersebut dibuka oleh Kurniawan Saefullah, Wakil Dekan FEB UNPAD, dalam sambutannya Kurniawan menyampaikan bahwa kuliah umum ini bertujuan membuka wawasan mahasiswa akan pentingnya membangun jiwa kewirausahaan sejak dini.

Pada kuliah umum tersebut juga menghadirkan pembicara lainnya yaitu Antoni Ludfi Arifin, dosen, penulis, dan praktisi bisnis. Dalam paparannnya, Antoni menyatakan bahwa pentinya membangun nilai-nilai IKHTIAR, yaitu integrity, Kolaborasi, Humble (kerendahatian), Tacful (kearifan), Inspiring Others (menginspirasi), Agile (lincah), dan Respect (saling menghormati), nilai kebaikan ini yang bisa menjadi bekal mahasiswa memulai berwirausaha.

Sementara itu Siti Ma’rifah, dalam penyampaian materinya menyatakan bahwa kolaborasi adalah jalan terbaik bagaimana kita bisa mendapatkan sumber daya yang tidak dimiliki dengan berbagi dari mitra lain yang memiliki.  

Baca Juga: Askrindo Syariah Rumuskan Strategi Agar Target Tahun 2023 Tercapai

"Sebagai contoh, tidak musti harus memiliki pabrik untuk berusaha, namun bisa melakukan maklon/tool manufacturing ke sumber yang memiliki pabrik,” ujarnya dalam keterangannya, seperti dikutip. 

Lebih lanjut Siti menyampaikan bahwa kolaborasi ini bisa juga dilakukan antarmahasiswa yang memiliki potensi yang tidak dimiliki lainnya. Hal ini termasuk kolaborasi antara kampus dan industri, akademisi dan praktisi. 

"Inkubasi bisnis yang dilaksanakan mahasiwa dapat bekerjasama dengan perusahaan, termasuk Askrindo Syariah berkolaborasi dengan perguruan tinggi untuk program pemagangan mahsiswa, dan sebaliknya peningkatan kompetensi karyawan Askrindo Syariah melalui studi lanjut ke perguruan tinggi,” terangnya

Baca Juga: Kerjasama Askrindo Syariah dan Bank Nagari untuk Pembiayaan UMKM Syariah

Dengan adanya kuliah umum tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa yang hadir sehingga memiliki wawasan dan kemauan untuk menjadi Wirausaha Muda.  

Acara kuliah umum ini selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan desk signing (penandatanganan) secara sirkular MoU antara FEB UNPAD dan pihak Askrindo Syariah terkait program magang, kerjasama perkuliahan dalam pengembangan usaha mikro dan lembaga keuangan mikro syariah, dan kerjasama lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru