Bank Sinarmas dorong program ODOS di Jawa Barat

Senin, 25 Oktober 2021 | 15:25 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Bank Sinarmas dorong program ODOS di Jawa Barat

ILUSTRASI. Bank Sinarmas dorong program ODOS di Jawa Barat.


UMKM - JAKARTA. ODOS alias Kelompok Obor Desa Organik Sukajaya merupakan kelompok desa binaan Bank Sinarmas. ODOS unggul dengan meraih juara 1 Tingkat Kabupaten Bandung Barat dalam kompetisi program Bina Wilayah tingkat Kabupaten yang diadakan oleh Pokja II UP2K PKK. 

Produk unggulan olah limbah peternakan menjadi briket media tanam inilah yang menghantarkan ODOS menjadi primadona dalam kompetisi tersebut dan masuk dalam ajang tingkat provinsi.

Peternak sapi, petani, anak muda, dan beberapa ibu rumah tangga anggota PKK Desa Sukajaya terlibat langsung dalam usaha pengolahan limbah peternakan sapi segar menjadi media tanam Briket OBOR. 

Kegiatan pengolahan limbah peternakan ini dimulai oleh Kelompok Obor Desa Organik Sukajaya (ODOS) yang mendapat pembinaan langsung dari PT. Bank Sinarmas Tbk. Menggunakan teknologi basis konsorsium mikroorganisme lokal (MOL) Bio Compound sejak Januari 2020. Teknologi ini membuat kotoran sapi segar bisa diolah lebih singkat dengan proses pembuatan briket cetak selama 5-7 hari, tanpa bau, tanpa gas metan, aman bagi lingkungan, dan tersertifikasi organik.

Baca Juga: Lintasarta dukung Program Desa Digital di 15 Kabupaten Jawa Barat

Inisiasi program kemitraan berbasis pemberdayaan masyarakat antara PT. Bank Sinarmas Tbk. dan PT. Songsong Buwono Lestari ini bertujuan untuk mengubah pola pikir peternak wilayah Desa Sukajaya untuk stop buang limbah peternakan ke saluran air dan mengolahnya menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi dengan dampak positif bagi lingkungan. 

Seluruh rangkaian kegiatan ini merupakan implementasi nyata 17 butir Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam mewujudkan kemandirian pangan sehat berbasis kearifan lokal. Kegiatan olah limbah ini mendapat dukungan dari pihak Desa Sukajaya, DKPP Provinsi Jawa barat, Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU), dan instansi pendidikan di Bandung. 

Dalam kesempatan kegiatan ini pula Bank Sinarmas menyalurkan wakaf 100 mushaf Alquran untuk warga Desa Sukajaya yang diberikan langsung oleh Retno Tri Wulandari selaku Corporate Secretary Head Bank Sinarmas kepada Plt Bupati Bandung Barat, Sonya Fatmala & Ketua Pokja II PKK Provinisi Jawa Barat Lutfi Erlita Widiasih.

“Saya sangat mendukung dengan program CSR dari Bank Sinarmas ini, semoga Desa Sukajaya menjadi desa percontohan untuk desa-desa lain yang masyarakatnya mempunyai peternakan sapi, supaya Kohe (Kotoran Hewan) tidak mencemari lingkungan,” Jelas Plt Bupati Bandung Barat Sonya Fatmala.

Baca Juga: 17 Kendaraan ini kebal kebijakan ganjil genap Jakarta, apa saja?

“Atas pencapaian dan partisipasi yang telah diraih oleh desa binaan Bank Sinarmas, desa Sukajaya, membuktikan bahwa di masa pandemi sekarang ini masyarakat tetap produktif dan bekerja. Bank Sinarmas terus menjaga komitmen untuk mendukung program Pemerintah Gema Madani, gerakan masyarakat mandiri berdaya saing dan inovatif," ujar Frenky Tirtowijoyo selaku Direktur Utama Bank Sinarmas. 

"Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang berkelanjutan atau sustainable ini mendorong masyarakat untuk memiliki keahlian dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga melalui kegiatan usaha, berikutnya kami bersama kelompok Obor dan masyarakat desa Sukajaya akan mengembangkan dan memperluas program sinergi kami ke arah pelestarian lingkungan,” ujar dia.

Selanjutnya: Pengembangan kawasan Rebana dan Jabar Selatan bisa serap investasi Rp 392 triliun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru