kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.935
  • EMAS714.000 1,28%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.13%

Begini kondisi situs suci purbakala Kerajaan Singosari di Tol Pandaan-Malang


Rabu, 26 Juni 2019 / 22:57 WIB

Begini kondisi situs suci purbakala Kerajaan Singosari di Tol Pandaan-Malang
Kondisi situs purbakala Kerajaan Singosari di Tol Pandaan-Malang

KONTAN.CO.ID -  MALANG. Tiga unit ekskavator bekerja mengeruk tanah di sekitar area temuan situ purbakala di Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Rabu (26/6). Bukan untuk mengekskavasi situs purbakala, ekskavator itu bekerja untuk meratakan tanah yang akan dibangun ruas jalan Tol Pandaan-Malang.

Kendaraan truk mondar mandir di kawasan itu mengangkut tanah yang sudah terkeruk. Pengerukan berlangsung di sisi utara, timur, dan selatan. Sehingga, area temuan situs itu tampak menjorok di sepanjang pembangunan Tol Pandaan-Malang seksi 5 yang melintang dari arah utara ke selatan.


Sementara itu, keberadaan peninggalan sejarah bekas bangunan suci Kerajaan Singosari itu terlihat terbengkalai. Tidak terlihat adanya bekas pemeliharaan selain pagar bambu yang sudah terpasang lama.

Beberapa tulisan peringatan dan imbauan mulai bergantungan dan mau jatuh. Struktur bata yang merupakan objek temuan juga terancam rusak jika dibiarkan kehujanan dan kepanasan.

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur Andi Muhamad Said mengatakan, pihaknya sudah menyerahkan temuan situs itu kepada Pemerintah Kabupaten Malang. "Sesuai kesepakatan mereka (Pemkab Malang) yang bertanggungjawab untuk pengelolaannya," katanya melalui pesan tertulis kepada Kompas.com.

Kepala Desa Sekarpuro Sulirmanto mengatakan, pihaknya tidak bisa berbuat banyak untuk pemeliharaan situs tersebut karena tidak ada dukungan dari Pemerintah Kabupaten Malang. "Dari pihak desa menunggu dari pemerintah kabupaten," katanya saat dihubungi.

Sebagai kepala desa, Sulirmanto berharap temuan situs purbakala itu menjadi pemantik munculnya wahana wisata di desanya. Rencananya, di area situs itu akan dibangun wisata air.

Kepala Seksi Museum Sejarah dan Cagar Budaya pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Anwar Supriyadi mengaku juga tidak bisa melakukan pemeliharaan karena status lahan di area temuan situs bukan aset Pemerintah Kabupaten Malang.

"Jadi Pemkab Malang dalam hal ini tidak bisa berbuat apa-apa," katanya.

"Tapi kalau misalnya ada semacam hibah kepada pemerintah daerah itu lebih enak. Kalau misalnya kita bikin program pembangunan atap ya, tanahnya siapa dibangunkan atap," jelasnya.

Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Purnomo mengatakan, status lahan di lokasi pembangunan tol merupakan milik pemerintah pusat. Sehingga, pemeliharaan bisa dilakukan atas koordinasi pemerintah pusat dan daerah.

"Tergantung pemerintah dengan pemerintah daerah kan itu," katanya.

Sementara itu, meskipun proses pengerukan membuat area situs terlihat menjorok, Agus memastikan area situs suci itu aman dari pembangunan jalan tol. Sebab menurutnya, rute jalan tol sudah digeser ke sisi timur sepanjang empat meter dari area terlindungi karena keberadaan situs purbakala.

"Digeser sesuai dengan yang sudah disetujui," jelasnya.

Situs purbakala ditemukan di lokasi pembangunan Tol Pandan Malang seksi 5 pada awal Maret lalu. Setelah diekskavasi, BPCB Jawa Timur memperkirakan situs purbakala itu merupakan bekas bangunan suci pada masa Kerajaan Singosari.

Hal itu berdasarkan pada struktur bata yang diperkirakan merupakan bekas paduraksa, batur arca dan altar. (Andi Hartik)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terbengkalai, Begini Kondisi Situs Suci Kerajaan Singosari di Tol Pandaan-Malang"


Sumber : Kompas.com
Editor: Noverius Laoli
Video Pilihan

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Redaksi | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0525 || diagnostic_web = 0.2695

Close [X]
×