HOME

Bersiap, pesta rakyat Cap Go Meh Bogor Street Festival digelar, Sabtu (8/2)

Kamis, 30 Januari 2020 | 13:02 WIB Sumber: Kompas.com
Bersiap, pesta rakyat Cap Go Meh Bogor Street Festival digelar, Sabtu (8/2)

ILUSTRASI. JAKARTA,19/02-PERAYAAN CAP GO MEH. Sejumlah umat berdoa saat perayaan Cap Go Meh di Jakarta, Selasa (19/2). Beragam atraksi budaya khas Tionghoa memeriahkan perayaan Cap Go Meh seperti tarian perang khas Minahasa yang merupakan puncak dari perayaan tahun

KONTAN.CO.ID - BOGOR. Ajang pesta rakyat tahunan bertajuk Bogor Street Festival 2020 akan digelar di Kota Bogor, Sabtu (8/2). Berbagai persiapan pun terus dilakukan oleh pihak penyelenggara untuk menyukseskan acara puncak dari perayaan Cap Go Meh di Kota Hujan.

Menariknya, pelaksanaan Bogor Street Festival Cap Go Meh (CGM) tahun ini akan menjadi sangat spesial. Sebab, untuk pertama kalinya, kegiatan tersebut masuk ke dalam 100 calendar of event dari Kementerian Pariwisata.

Baca Juga: Festival Cap Go Meh Singkawang tahun ini dihadiri sekitar 76.964 wisatawan

Ketua Panitia Bogor Street Festival Cap Go Meh Arifin Himawan mengatakan, tidak mudah dalam perjalanan pelaksanaan Bogor Street Festival ini sehingga dapat diakui sebagai kalender pergelaran nasional dari Kementerian Pariwisata.

Arifin menyebut, untuk dapat masuk ke dalam 100 pergelaran agenda nasional, Kementerian Pariwisata harus melakukan akurasi terhadap sekitar 3.000 pergelaran yang ada di Indonesia.

Arifin berharap, ke depan pelaksanaan Bogor Street Festival Cap Go Meh ini dapat tembus menjadi 10 pergelaran internasional yang diakui Kementerian Pariwisata.

"Ini suatu kebanggaan untuk Kota Bogor bahwa event ini diakui secara nasional. Di Jawa Barat hanya ada lima kegiatan yang masuk ke dalam event nasional dari kementerian, salah satunya di Bogor Street Festival ini," ungkap Arifin, Kamis (30/1).

Dalam pelaksanaannya nanti, pihaknya akan berupaya maksimal agar acara tersebut dapat berjalan dengan lancar. Termasuk, sambungnya, mempersiapkan tata panggung, lighting, dan sound system yang luar biasa.

Untuk tamu undangan, sebut dia, pihak panitia sudah menyiapkan undangan khusus untuk para tamu VVIP, di antaranya Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta sejumlah duta besar. "Nanti Pak Wali yang akan mengundang langsung tamu-tamu VVIP," tutur dia.

Baca Juga: Politisi PKB: Tanpa Gus Dur tidak ada perayaan Imlek dan Cap Go Meh

Lanjutnya, dari sisi finansial, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor juga telah menyiapkan anggaran yang dialokasikan dan dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud).

"Diharapkan dengan penggelontoran dana tersebut, event ini harus menjadi lebih baik. Karena ini akan menjadi harga diri, harus bisa dibuktikan bahwa event ini luar biasa," pungkas dia. 9 Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pesta Rakyat Cap Go Meh Bogor Street Festival 2020 Bakal Spesial",

 

Editor: Yudho Winarto
Terbaru