kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bioskop XXI Taman Ismail Marzuki (TIM) tutup


Minggu, 18 Agustus 2019 / 13:28 WIB
Bioskop XXI Taman Ismail Marzuki (TIM) tutup
ILUSTRASI. Deretan poster film Indonesia

Reporter: Handoyo | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebuah foto yang beredar di media sosial baru-baru ini menunjukkan menginformasikan soal penutupan salah satu bioskop jaringan 21 Cineplex di Jakarta. 

Foto itu menunjukkan pengumuman yang berbunyi bahwa bioskop XXI Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, akan ditutup tutup atau tidak beroperasi lagi mulai 19 Agustus 2019. 

Corporate Communications CINEMA XXI, Catherine Keng, membenarkan bioskop XXI TIM tutup secara permanen. "Iya benar. Sudah tutup permanen," kata Catherine saat dihubungi Kompas.com, Minggu (18/7). 

Baca Juga: Ini 5 film Hollywood paling laris tahun ini, mana yang Anda lewatkan?

Catherine mengatakan, penutupan tersebut imbas dari adanya revitalisasi Taman Ismail Marzuki yang akan dilakukan Dinas Pariwisata DKI Jakarta. "Karena ada revitalisasi dari TIM-nya sendiri kan. Bangunan yang akan direnovasi dan didesain. Seluruh kompleks," kata Keng. 

XXI TIM berada di antara pusat kegiatan kesenian dan budaya yang berada di kompleks gedung teater TIM dan juga pusat pameran beserta galeri-galerinya. 

XXI juga berdiri berdampingan dengan Institut Kesenian Jakarta dan Planetarium Jakarta. Adapun, revitalisasi dilakukan Pemprov DKI Jakarta dengan niatan menjadikan lokasi tersebut sebagai pusat kebudayaan dunia. 

Baca Juga: Film EXIT: Kejar-kejaran dengan gas beracun

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) di Cikini, Jakarta Pusat, pada Rabu (3/7) malam. 

Hal ini bukanlah kali pertama revitalisasi TIM dilakukan. Pada 12 Oktober 2017, Gubernur DKI Jakarta kala itu, Djarot Saiful Hidayat, meresmikan TIM yang selesai direvitalisasi. 

Baca Juga: Jumlah pengguna naik 10 kali lipat, Traveloka Paylater tingkatkan keamanan pengguna

Revitalisasi waktu itu disebut Djarot sebagai warisan yang dia tinggalkan di ujung pemerintahannya. Kegiatan revitalisasi saat itu berfokus pada sejumlah perbaikan gedung seperti gedung teater yang sebelumnya sering bocor, gedung Graha Bakti Budaya dengan perbaikan pada plafon dan toilet. (Tri Susanto Setiawan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bioskop XXI Taman Ismail Marzuki Tutup, Ini Penyebabnya"




TERBARU

×