Umum

Cara mengobati dermatitis seboroik yang bisa Anda coba

Jumat, 30 Oktober 2020 | 16:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara mengobati dermatitis seboroik yang bisa Anda coba


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dermatitis seboroik merupakan kondisi di mana kulit kepala menjadi mengelupas dan berwarna merah serta muncul ketombe membandel. Namun, penyakit ini juga bisa menyerang bagian kulit lain yang berminyak. Misalnya, hidung, wajah, telinga, dan dada.

Gejala Dermatitis Seboroik

Mengutip dari Mayo Clinic (mayoclinic.org), dokter belum bisa memastikan penyebab timbulnya dermatitis seboroik. Namun, biasanya penyakit ini dikaitkan dengan respons sistem imun tubuh, produksi minyak kulit, dan jamur bernama malassezia.

Resiko dermatitis seboroik bisa meningkat karena beberapa faktor. Mulai dari pengobatan tertentu, sistem imun tubuh yang lemak, dan kondisi psikiatri atau saraf yang dialami seseorang. Gejala pun muncul pada orang-orang yang mengalami penyakit itu.

Tanda yang biasanya dialami oleh penderita dermatitis seboroik adalah munculnya ketombe di kulit kepala, kumis, atau alis. Selain itu, kulit kepala menjadi berwarna merah, gatal, dan mengelupas. Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter, apalagi jika kondisinya sudah mengganggu aktivitas Anda.

Baca Juga: Cara mengatasi rambut bercabang dengan 3 bahan alami terbaik

Cara Mengobati Dermatitis Seboroik

Jika kondisi dermatitis seboroik yang Anda alami belum terlalu parah, Anda bisa mengobatinya sendiri di rumah. Ada beberapa hal yang bisa Anda coba, seperti menerapkan pola hidup sehat, menggunakan bahan-bahan alami, atau memakai cara alternatif.

Pola hidup sehat yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi dermatitis seboroik adalah dengan menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Cobalah untuk memakai sampo yang mengandung asam salisilat, tar, atau selenium sulfida agar ketombe bisa hilang.

Mayo Clinic juga merekomendasikan agar Anda tidak menggunakan produk perawatan rambut yang berlebihan, apalagi mengandung alkohol. Hal yang sama juga berlaku bagi Anda yang memiliki jenggot dan kumis. Pastikan untuk mencucinya secara rutin.

Meski belum bisa dipastikan secara ilmiah, Mayo Clinic merekomendasikan beberapa perawatan alternatif untuk mengobati dermatitis seboroik, yaitu menggunakan bahan-bahan alami. Misalnya, tea tree oil, lidah buaya, dan minyak ikan.

Baca Juga: 3 Cara mudah mengatasi rambut rontok dan tips mencegahnya

Anda bisa menggunakan tea tree oil secara langsung atau memakai sampo yang terbuat dari bahan tersebut. Namun, tea tree oil bisa menyebabkan alergi, jadi Anda perlu berhati-hati. Hal yang sama juga berlaku pada lidah buaya.

Anda bisa memakai gel secara langsung atau menggunakan sampo lidah buaya. Sedangkan untuk minyak ikan, Anda bisa meminum suplemennya. Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan Anda.

Selanjutnya: Kotembe membandel? Segera hilangkan dengan obat herbal ini

Editor: Belladina Biananda


Terbaru