Jawa Barat

Catat, Kota Bandung tertutup bagi orang luar!

Selasa, 06 Juli 2021 | 07:30 WIB   Reporter: Anna Suci Perwitasari
Catat, Kota Bandung tertutup bagi orang luar!

ILUSTRASI. Kota Bandung

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kota Bandung saat ini tertutup untuk warga luar kota wilayah itu. Hal tersebut diungkapkan Kepala Polisi Resort Kota Besar, Komisaris Besar Pol Ulung Sampurna Jaya saat ditemui di Jalan Asia Afrika, Senin (5/7). 

"Saya,  pak Dandim dan jajaran Pemkot menyatakan bahwa Kota Bandung tertutup dari luar," kata Ulung. 

Dikatakan, pihaknya akan menghadang kendaraan dari luar yang hendak masuk ke kota Bandung untuk kembali ke asalnya. 

Kebijakan tersebut berdasarkan hasil evaluasi tiga hari terakhir terkait mobilitas masyarakat di Kota Bandung yang meningkat. 

"Jadi tidak boleh masuk ke Kota Bandung, karena saat ini Kota Bandung sedang berbenah dalam rangka menekan angka Covid-19 yang ada di Kota Bandung," ucapnya. 

Untuk itu, petugas akan melakukan buka tutup jalan lebih cepat di pagi, siang dan sore hari untuk menekan mobilitas masyarakat di Kota Bandung. "Sehingga masyarakat tidak banyak ke luar rumah," ucapnya.   

Baca Juga: Daftar 10 stasiun KA yang buka layanan gratis vaksinasi Covid-19

Selain itu, penyekatan juga dilakukan di pintu tol masuk ke Kota Bandung. "Sekarang berlaku Senin-Minggu, situasional permanen atau tidak, kalau masyarakat menyadari (adanya penyekatan) kami akan buka lagi, kalau masyarakat tidak menyadari kami akan tutup dengan tegas dalam rangka menekan," tegasnya. 

"Di gerbang tol itu penyekatan, jadi yang mau masuk akan kami seleksi. Tapi saat ini masuk Kota Bandung akan kami kembalikan lagi, sehingga tidak menerima dari luar Kota Bandung," tambahnya. 

Kendaraan yang bisa masuk ke Kota Bandung sendiri yang memang dirasa penting seperti ambulans dan kendaraan pengangkut sembako. "Itu bisa, terkecuali ambulans dan sembako, ini kepada masyarakat yang melakukan mobilitas tidak ada artinya yang hiburan atau bermain-main saja," pungkas dia. (Agie Permadi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PPKM Darurat Kota Bandung Tertutup bagi Orang Luar, Ini Aturannya".

 

Selanjutnya: Luhut minta Menaker terbitkan instruksi yang wajibkan sektor non-esensial WFH

 

 

 

Editor: Anna Suci Perwitasari
Terbaru