O

Daerah ini satu-satunya di Indonesia yang bebas Covid-19

Selasa, 04 Mei 2021 | 04:10 WIB Sumber: Kompas.com
Daerah ini satu-satunya di Indonesia yang bebas Covid-19


KONTAN.CO.ID - Setahun lebih pandemi Covid-19 melanda Indonesia, dengan kasus mencapai 1.682.004 hingga Senin (3/5). Tapi, ada satu daerah yang hingga saat ini diklaim belum tersentuh oleh virus corona.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, satu-satunya daerah yang berstatus tidak terdampak Covid-19 adalah Kabupaten Dogiyai, Papua. 

Melansir laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua, Dogiyai dulu masuk dalam Kabupaten Nabire. Pusat Pemerintahan Kabupaten Dogiyai berada di Kigamani, Distrik Kamu. 

Kabupaten ini dibentuk pada 4 Januari 2008 berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2008, bersama-sama dengan lima kabupaten lainnya di Papua. 

Mengutip Kompas.com, juru bicara Satgas Covid-19 Papua Silwanus Sumule mengatakan, belum ada kasus virus corona di Dogiyai belum dipastikan penyebabnya. 

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Senin (3/5): Tambah 4.730 kasus, selalu pakai masker

Namun, ada kemungkinan daerah tersebut melakukan langkah pencegahan secara cepat. "Mungkin saja mereka menjalankan protokol kesehatan dengan baik, kemudian mereka berhasil menekan aktivitas masyarakat," katanya.

"Lalu, pemerintah daerah berhasil melakukan screening dengan baik. Tiga hal itu mereka jalankan," ujar dia. 

Pernyataan Silwanus tersebut muncul ketika Papua memiliki tujuh daerah yang belum tersentuh Covid-19 pada Maret 2021 lalu. Kendati demikian, ada peluang Dogiyai tidak benar-benar bebas dari virus corona. 

Selain itu, minimnya mobilitas di suatu daerah juga berpengaruh pada penyebaran Covid-19. Meski Dogiyai memiliki akses jalur darat, jarak tempuhnya cukup jauh dengan jalur berbukit. 

"Salah satu faktor yang menyebabkan kenaikan kasus Covid-19 karena masifnya kegiatan masyarakat. Semakin tinggi mobilitas penduduk, semakin tinggi juga risiko penularan," kata Silwanus. 

Baca Juga: Menkes: Mutasi Covid-19 dari India dan Afsel sudah ditemukan di Indonesia

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru