Diikuti 2.550 Peserta, Jakarta Fair 2024 Ditargetkan Cetak Transaksi Tinggi

Kamis, 06 Juni 2024 | 19:47 WIB   Reporter: Filemon Agung
Diikuti 2.550 Peserta, Jakarta Fair 2024 Ditargetkan Cetak Transaksi Tinggi

ILUSTRASI. Gelaran Jakarta Fair 2024 segera diselenggarakan pada 12 Juni hingga 14 Juli 2024 mendatang di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran dan diikuti oleh 2.550 perusahaan peserta dari berbagai sektor.


JAKARTA FAIR-JAKARTA. Gelaran Jakarta Fair 2024 segera diselenggarakan pada 12 Juni hingga 14 Juli 2024 mendatang di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran dan diikuti oleh 2.550 perusahaan peserta dari berbagai sektor.

Dengan mengusung tema “Jakarta Fair Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional Bersaing di Pasar Dunia”, event pameran terbesar se-Asia Tenggara ini menargetkan peningkatan jumlah transaksi.

Marketing Director PT Jakarta International Expo Ralph Scheunemann mengatakan, nilai transaksi yang diperoleh pada tahun lalu mencapai Rp 7,3 triliun. Jumlah ini diyakini akan meningkat pada tahun ini.

"Yang paling penting dapat saya katakan bahwa dari tahun ke tahun kita selalu meningkat. Tahun ini, saya percaya lebih tinggi karena adanya lebih banyak (peserta) termasuk otomotif," kata Ralph dalam konferensi pers Jakarta Fair 2024, Kamis (6/6).

Menurutnya, gelaran Jakarta Fair 2024 terus mengalami pertumbuhan dari sisi jumlah peserta hingga pengunjung.

Sejumlah sektor industri yang turut serta seperti otomotif mobil dan sepeda motor, gadget, komputer, alat olah raga, fashion and garment, perlengkapan rumah tangga, furniture, barang-barang elektronik, kuliner, industri kreatif, kerajinan tangan, herbal & medicine, perbankan, produk jasa, kosmetik, dan lain-lain.

Baca Juga: Ini Deretan Kegiatan Menarik Peringatan HUT Jakarta ke-497

Ajang ini secara khusus digelar dalam rangka memeriahkan HUT DKI Jakarta yang menginjak usianya yang ke- 497 pada tahun ini sekaligus merupakan penyelenggaraan Jakarta Fair yang ke- 55 kalinya sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 1968 silam.

Ralph mengungkapkan, pada tahun ini manajemen berupaya menjaga dan memastikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung. Animo masyarakat pada event Jakarta Fair 2024 diyakini akan tetap tinggi seperti gelaran tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, event ini dinilai turut berkontribusi dalam hal ketersediaan lapangan pekerjaan dan juga kesempatan bagi para pelaku usaha Tanah Air untuk turut andil dalam memajukan potensi inovasi serta kreativitas produk dalam Negeri.

Event ini diharapkan akan menjadi tujuan utama wisata berbelanja serta berlibur bagi masyarakat.

Gelaran Jakarta Fair Kemayoran tahun ini diikuti oleh 2.550 perusahaan peserta yang terdiri dari 1.550 stan yang memamerkan berbagai produk unggulan. Para peserta berasal dari berbagai skala usaha baik perusahaan multinasional, usaha besar, menengah dan kecil, BUMN, serta anjungan pemerintah provinsi dan kabupaten dari berbagai penjuru tanah air.

Dengan komposisi presentase peserta yakni 60% dari sektor swasta dan 40% dari sektor UMKM.

Pada penyelenggaraan tahun ini juga melibatkan para pengusaha kecil, mikro, dan koperasi dari berbagai Provinsi di Indonesia yang akan menempati Hall-B3 dan Hall-C3 dan juga tersebar di berbagai titik di seluruh penjuru arena pameran.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menempati satu area yang berlokasi di Hall-C1, memamerkan berbagai program Pemerintah Provinsi, membuka berbagai layanan publik, dan juga panggung kesenian tradisional masyarakat Jakarta.

Penyelenggara Jakarta Fair juga mendedikasikan area khusus untuk Kampung Betawi sebagai ajang pertunjukan berbagai seni-budaya lokal, kuliner dan juga pameran berbagai kerajinan khas Betawi.

Beberapa titik area kuliner dapat ditemui di Food Court Hall E, area Pasar Malam terletak di dekat pintu masuk yang mengusung konsep pasar malam modern dengan berisikan beraneka macam sajian kuliner lokal dan mancanegara.

Lalu terdapat juga area Kuliner yang menjajakan berbagai macam kuliner khas nusantara yang berlokasi di Area Belakang Hall D dan juga sajian kuliner khas Betawi serta berbagai stan produk makanan yang tersebar di area open space Jakarta Fair Kemayoran.

Selain itu, semarak Jakarta Fair Kemayoran akan semakin terasa dengan melimpahnya hiburan yang disajikan. Pihak panitia penyelenggera akan menyajikan berbagai acara seperti parade karnaval, wahana permainan anak, kontes Miss Jakarta Fair, serta tidak ketinggalan pesta kembang api spektakuler yang sudah menjadi ciri khas penyelenggaraan event ini.

Baca Juga: Nilai Transaksi di Jakarta Lebaran Fair 2024 Diperkirakan Tembus Rp 450 Miliar

Di samping itu, juga disajikan konser musik Jakarta Fair. Pada tahun ini konser musik Jakarta Fair akan digelar rutin selama 32 hari kecuali pada saat malam takbiran Idul Adha.

Dalam event konser musik Jakarta Fair tahun ini akan menampilkan sajian musik lintas genre, mulai dari Rock, Pop, Jazz, Folk, Dangdut, Koplo, Reggae, Alternative, hingga musik punk.

Sejumlah band dan musisi top papan atas Indonesia dijadwalkan akan tampil di Konser Musik Jakarta Fair 2024 diantaranya adalah Slank, Fortwnty, Tipe-X, Superman Is Dead, Last Child, The Sigit, The Adams, NDX AKA, Fiersa Besari, Maliq n D’Essentials, Tonny Q, Feel Koplo, dan masih banyak musisi top lainnya yang akan tampil di panggung konser musik Jakarta Fair 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru