HOME

Dirlantas Metro Jaya: Demo buruh akan digelar hingga jelang buka puasa

Sabtu, 01 Mei 2021 | 12:59 WIB Sumber: Kompas.com
Dirlantas Metro Jaya: Demo buruh akan digelar hingga jelang buka puasa

ILUSTRASI. Massa buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melaksanakan aksi di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Senin (12/4/2021).

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menyambut Hari Buruh (1/5), berbagai elemen buruh melakukan unjuk rasa. "Hari ini, ada beberapa elemen buruh hadir dan nanti mereka akan berpusat di Patung Kuda," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo di lokasi aksi, Sabtu (1/5). 

Sambodo mengatakan, elemen pertama dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) melakukan unjuk rasa sejak pukul 09.00 WIB sampai 13.00 WIB. "Elemen berikutnya jam 14.00 WIB sampai buka puasa," kata Sambodo. 

Menurut Sambodo, personel Polri-TNI yang diterjunkan berjumlah 6.300 orang. "Untuk lalu lintas, 300-an (personel) diterjunkan pagi dan nanti sore juga 300-an," kata Sambodo. 

Meski titik pusat aksi berada di Patung Kuda, Sambodo menyatakan, terdapat 'titik antara' yang juga jadi lokasi aksi, yakni Kantor ILO Thamrin. Selain itu, ada perwakilan buruh yang akan menuju Gedung Mahkamah Konstitusi. "Elemen buruh juga akan ke Kemenakertrans, BUMN, dan sebagiannya, ada juga di pintu 9 Tanjung Priok, kemudian ada di pabrik masing," kata Sambodo. 

Baca Juga: Kapan pencairan THR PNS pusat dan daerah 2021? Simak jadwalnya

Berdasarkan pantauan Kompas.com, massa dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) telah memadati kawasan Patung Kuda, Jakarta sejak pukul 09.30 WIB untuk melakukan unjuk rasa. 

Sementara itu, Wakil Presiden KSPI Riden Hatamajis menyatakan, tuntutan massa adalah dibatalkannya UU Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020. "Tuntutan kami hanya satu, batalkan dan cabut UU No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja," kata Riden di lokasi aksi. 

Baca Juga: Klaster perkantoran meningkat, Menaker minta perusahaan patuhi protokol kesehatan

Menurut Riden, sebanyak 200 orang buruh akan hadir dalam aksi hari ini. Aksi itu dilaksanakan sejak pukul 09.30 WIB sampai 13.00 WIB. "Jadi waktu atau durasi aksi ini kami lakukan dari 09.30 sampai 13.00 WIB, durasi kami pendekkan supaya kesehatan terjaga," kata Riden. 

Di samping itu, dia menyatakan bahwa massa aksi juga telah melakukan swab antigen Covid-19 sebelum mengikuti aksi. Massa aksi juga diimbau menjaga jarak dan menggunakan masker.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Dirlantas Metro Jaya: Demo Buruh Akan Digelar hingga Jelang Buka Puasa.
Penulis: Sonya Teresa Debora
Editor: Icha Rastika

Baca Juga: Karyawan kontrak dan outsourcing berhak dapat THR, ini hitungannya

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru