Dua Lokasi di DKI Jakarta Akan Terima Sapi Kurban dari Presiden Jokowi

Jumat, 08 Juli 2022 | 16:09 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Dua Lokasi di DKI Jakarta Akan Terima Sapi Kurban dari Presiden Jokowi

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyalurkan dua sapi kurban di dua lokasi di Jakarta.. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/pd.


IDUL ADHA - JAKARTA. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan rencananya Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyalurkan dua sapi kurban di dua lokasi di Jakarta.

Dua lokasi tersebut yakni Masjid Istiqlal dan Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre).

"Di Masjid Istiqlal dan Islamic Center Jakarta Utara itu dipilih [pemerintah] provinsi setempat," kata Heru dalam Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (8/7).

Baca Juga: Jokowi Salurkan Sapi Kurban di 34 Provinsi, Sapi Terbesar Berada di Provinsi NTB

Rencananya Presiden akan menyerahkan langsung sapi kurban yang telah disiapkan usai melaksanakan salat Idul Adha. Namun, dimana lokasi yang akan menjadi penyerahan langsung oleh Jokowi belum ditentukan.

"Mungkin nanti Bapak Presiden pasti di hari H-nya akan memberikan. Dan tentunya tempat atas arahan beliau dan di Istiqlal juga kita setiap tahun Pak Presiden selalu memberikan selain Masjid yang ditunjuk Gubernur. Jakarta ada dua tempat," jelasnya.

Adapun untuk pengadaan sapi-sapi kurban tersebut diperoleh dari peternakan setempat yang ditunjuk oleh Gubernur. Hal ini juga menjadi bentuk dukungan kepada para peternak lokal.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Bapanas Jamin Pasokan Pangan Aman dan Harga Stabil

Berkaitan dengan situasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), Heru menyampaikan pihaknya bersama Gubernur, Kementerian Pertanian, Kementerian Agama, dan Dinas Pertanian setempat untuk melakukan skrining terhadap sapi-sapi yang akan disumbangkan.

Selama dua minggu sapi-sapi kurban tersebut diawasi oleh unsur staf dari Dinas Pertanian terkait untuk memastikan bahwa kondisi hewan kurban sehat, gemuk, dan tidak tertular PMK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru