Gempa 5,2 SR guncang Malang

Rabu, 02 Maret 2016 | 15:47 WIB   Reporter: Ragil Nugroho
Gempa 5,2 SR guncang Malang


JAKARTA. Gempa kembali mengguncang Tanah Air. Pada Rabu, 2 Maret 2016 pukul 13.09 WIB, gempa berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR) mengguncang Malang, Jawa Timur. Pusat gempa terletak di laut dengan kedalaman 19 km sekitar 81 km barat daya Kabupaten Malang.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, gempa sangat terasa dengan skala sedang hingga cukup keras di Kecamatan Donomulyo. "Getarannya berlangsung selama 5-10 detik," ujar Sutopo, Rabu (2/3).

Berdasarkan pantauan BNPB dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, masyarakat sempat panik berhamburan keluar rumah. Selain itu gempa juga dirasakan masyarakat hingga di Bantul dan Yogyakarta. Guncangan gempa dirasakan dengan intensitas IV MMI di Karangkates, III MMI di Blitar, II-III MMI di Yogyakarta, II-III MMI di Nganjuk, II MMI di Lumajang, III MMI di Tulungagung, II MMI di Trenggalek, II-III di Bantul dan III-IV di Malang.

Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan akibat gempa. BPBD masih melakukan pemantauan dan pendataan di daerah masing-masing.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru