Gerhana Bulan Total Malam Ini, Minat Ikut Piknik Malam Bersama Bloodmoon Planetarium?

Selasa, 08 November 2022 | 08:04 WIB Sumber: Kompas.com
Gerhana Bulan Total Malam Ini, Minat Ikut Piknik Malam Bersama Bloodmoon Planetarium?

ILUSTRASI. Planetarium dan Observatorium Jakarta (POJ), Taman Ismail Marzuki, akan menggelar kegiatan Piknik Malam bersama Bloodmoon.


FENOMENA ASTRONOMI - JAKARTA. Dalam rangka mengamati fenomena alam gerhana bulan total, Planetarium dan Observatorium Jakarta (POJ), Taman Ismail Marzuki, akan menggelar kegiatan "Piknik Malam bersama Bloodmoon". 

Kegiatan tersebut terbagi menjadi dua sesi yakni sesi diskusi mulai pukul 15.30-17.47 WIB dan sesi pengamatan 18.00-21.00 WIB bertempat di Lobby Teater Besar dan Plaza Gedung Teater Jakarta, Selasa (8/11/2022). 

"Sesi diskusi akan dipandu oleh Kak Helmi Romdhoni (Pengurus HAAJ) dan materi terkait Gerhana Bukan akan dibawakan Bapak Widya Sawitar (Astronom HAI)," tulis akun Instagram @planetariumjkt, dikutip pada Selasa. 

Bagi masyarakat yang ingin mengamati gerhana bulan total menggunakan teleskop dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui link: bit.ly/ArtikelGBT2022. 

"Kuota untuk sesi diskusi untuk 100 orang dan tidak ada kuota untuk sesi pengamatan Gerhana Bulan Total," kata pemilik akun Instagram @planetariumjkt. 

Baca Juga: Cara Shalat Gerhana Menurut Muhammadiyah, Malam Ini (8/11) Gerhana Bulan Total

Kegiatan "Piknik Malam bersama Bloodmoon" tidak dipungut biaya. Pengunjung dapat satu kali registrasi melalui link bit.ly/ArtikelGBT2022 dengan maksimal memesan 5 elektronik tiket. 
"Satu tiket berlaku hanya untuk satu orang," tulisnya. 

Taman Ismail Marzuki juga menyiarkan secara langsung kegiatan "Piknik Malam bersama Bloodmoon" di akun YouTube Planetarium & Observatorium Jakarta. 

Baca Juga: Gerhana Bulan Total Besok 8 November 2022, Jam Berapa? Catat Cara Shalat Gerhana

Panitia penyelenggara juga mengingatkan kepada pengunjung acara. Apabila cuaca gerimis atau hujan, maka kegiatan observasi harus dibatalkan. 

Selain melakukan pengamatan di kawasan Taman Ismail Marzuki, POJ Taman Ismail Marzuki juga bekerjasama dengan instansi dan komunitas astronomi di Indonesia untuk mengamati gerhana bulan total di 10 titik lokasi berbeda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Gerhana Bulan Total Malam Ini, Planetarium Gelar "Piknik Malam Bersama Bloodmoon""
Penulis : Reza Agustian
Editor : Jessi Carina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru