Gua tambang mangan masa penjajahan ditemukan

Kamis, 15 September 2016 | 23:46 WIB Sumber: Antara
Gua tambang mangan masa penjajahan ditemukan


KULON PROGO. Masyarakat Dusun Ngruno, Desa Karangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menemukan lokasi gua bekas tambang mangan yang diduga ditambang pada masa Pemerintahan Kolonial Belada tahun 1917.

Salah satu tokoh masyarakat Ngruno Muhammad Ngadino di Kulon Progo, mengatakan, penemuan gua bekas tambang ini bermula saat masyarakat kerja bakti membuat tempat sampah, tapi tiba-tiba alat dan tanah ambles ke bawah.

"Berawal dari temuan ini, kemudian warga berusaha mencari dan menggali. Dari situlah ditemukan lubang yang bisa dipakai untuk masuk. Beberapa warga lantas masuk ke dalam dan sempat memasang tali sepanjang 160 meter," kata Ngadino.

Ia mengatakan, warga kemudian memasang tali lagi hingga kedalaman 200 meter. Warga sudah tahu ada gua tersebut karena menjadi tempat persembunyian landak. Namun karena hewan ini memangsa tanaman warga, kemudian ditutup dengan tanah.

"Cerita dulu di tambang mangaan di atas banyak airnya kemudian dialirkan lewat sini. Kalau di dalam ada sumur dan penambangan, bisa saja," katanya.

Ia berharap gua bekas tambang ini dapat dijadikan lokasi wisata sehingga dapat menggerakan perekonomian warga Karangsari. Lokasi gua ini juga berdekatan dengan objek wisata Waduk Sermo dan Kalibiru serta kebun kelengkeng yang dikembangkan masyarakat sejak satu tahun terakhir.

Kabid Warisan Budaya, Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan Kulon Progo, Singgih Hapsoro mengaku perlu mendatangkan tim geoheritage dari DIY untuk meneliti lebih lanjut keberadaan gua ini.

(Sutarmi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru