Gubernur BI Bertandang ke Rupiah Sea Garden

Minggu, 11 Juni 2023 | 11:23 WIB   Reporter: Bidara Pink
Gubernur BI Bertandang ke Rupiah Sea Garden

ILUSTRASI. Bertandang ke Rupiah Sea Garden, Gubernur BI Perry Warjiyo nampak takjub dengan perkembangan terumbu karang ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/YU


BANK INDONESIA / BI - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) rupanya memiliki Taman Rupiah di bawah laut. Taman yang dijuluki Rupiah Sea Garden ini berada di Pulau Rubiah, Sabang, Provinsi Aceh. 

Diresmikan pada Oktober 2022, Rupiah Sea Garden merupakan taman bawah laut buatan yang dihuni terumbu karang serta ikan laut. 

Di sekelilingnya terdapat monumen Garuda yang merupakan lambang negara Indonesia dan dilengkapi dengan aneka bentuk logam rupiah. 

Bertandang ke Rupiah Sea Garden, Gubernur BI Perry Warjiyo nampak takjub dengan perkembangan terumbu karang yang makin menambah keindahan taman. 

"Sudah banyak penanaman, sudah muncul karangnya sehingga mulai indah. Mulai banyak ikan kecil," terang Perry dalam laman Instagram BI, @bank_indonesia, Sabtu (10/6). 

Perry pun meminta masyarakat untuk turut melestarikan alam, terutama terumbu karang yang menjadi rumah para ikan. 

Tak hanya turut melestarikan alam, ini juga akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang ingin melancong. 

Rupiah Sea Garden diinisiasi oleh kantor perwakilan wilayah BI Provinsi Aceh. Dengan menggandeng pemerintah daerah setempat, Rupiah Sea Garden diharapkan mendorong sektor pariwisata di Pulau Rubiah. 

Bila wisatawan banyak berdatangan, maka ini akan menggerakkan ekonomi masyarakat dan kemudian mendorong masuknya devisa negara lebih lancar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru