Guncangan gempa Donggala terasa hingga wilayah Sulawesi Tenggara

Jumat, 28 September 2018 | 20:38 WIB   Reporter: kompas.com
Guncangan gempa Donggala terasa hingga wilayah Sulawesi Tenggara

ILUSTRASI. Warga berada di luar rumah usai gempa di Donggala


GEMPA BUMI - KENDARI. Gempa magnitudo 7,7 yang menguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah ( Sulteng), Jumat (28/9/2018) terasa hingga Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Getaran gempa dirasakan juga oleh beberapa peserta Munas ke X Gerakan Pramuka di Hotel Clarion Kendari. 

Beberapa peserta Munas sempat panik dan keluar dari lift ketika hendak ke kamar masing-masing. Begitu dengan beberapa tamu hotel, mereka memilih keluar dari kamar akibat getaran keras dampak dari gempa tersebut.  "Saya oleng tadi, langsung keluar dari lift dan turun lewat tangga darurat hotel," ungkap Ashari, salah seorang peserta Munas Pramuka. 

Sementara warga Kendari lainnya, Surahmaida mengaku kaget dan sempat oleng akibat getaran gempa. "Saya kira oleng karena kurang darah, ternyata gempa terasa keras sekali di rumah," tuturnya. 

Ia juga merasakan guncangan gempa sekitar tiga kali. Selain itu, gempa dirasakan masyarakat di Kabupaten Konawe dan sejumlah wilayah di Sultra. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa tersebut terjadi sekitar pukul 17.02 WIB atau 16.02 WITA atau selepas salat magrib. 

Titik gempa berada di Garis Lintang 0.18 LS dan Garis Bujur 119.85 BT pada kedalaman 10 kilometer, Minahassa Peninsula, Pulau Sulawesi. Titik gempa ini berada di 27 km arah timur laut Donggala, Sulteng. 80 km arah Barat Laut Kota Palu, Sulteng, 123 km arah timur laut Mamuju Utara-Sulawesi Barat (Sulbar), 134 km arah Barat Laut Sigi, Sulteng 1593 km Timur Laut Jakarta. 

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPBD) menyebutkan, jumlah korban gempa sudah mencapai 11 orang. Satu orang meninggal dunia dan 10 luka-luka dilarikan ke rumah sakit. Secara umum gempa dirasakan berintensitas sedang selama 2-10 detik. Gempa dirasakan beberapa kali karena adanya gempa susulan.

Gempa dirasakan sangat keras terjadi di Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala karena dekat dengan pusat gempa.  Berikut ini peta lokasi rentetan gempa yang terjadi di Sulawesi Tengah sejak pukul 14.00 hingga 18.06 WIB hari ini. (Kiki Andi Pati)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Guncangan Gempa Donggala Terasa hingga Sultra"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru