CLOSE [X]

HUT Kemerdekaan RI 2022, 7 Mobil Kepresidenan Akan Dipamerkan

Senin, 01 Agustus 2022 | 13:47 WIB   Reporter: Ratih Waseso
HUT Kemerdekaan RI 2022, 7 Mobil Kepresidenan Akan Dipamerkan

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo berada di dalam mobil saat akan mengikuti Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPU) Kalibata, Jakarta, Selasa (10/11/2020). HUT Kemerdekaan RI 2022, 7 Mobil Kepresidenan Akan Dipamerkan.


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Memasuki bulan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), pemerintah telah merancang serangkaian gelaran menuju puncak acara Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang.

Rangkaian acara akan dimulai pada tanggal 1 hingga 22 Agustus mendatang. Dimana salah satunya ialah pameran arsip kepresidenan dan mobil kepresidenan yang digunakan oleh 7 Presiden RI.

Setya Utama, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara sekaligus Sekretaris Panitia HUT Kemerdekaan RI 2022 mengatakan, pameran arsip dan mobil kepresidenan akan digelar mulai tanggal 13 hingga 22 Agustus 2022. Pameran ini akan dilaksanakan di Sarinah yang bekerjasama dengan PT Sarinah.

"Kami akan memamerkan arsip berupa dokumentasi foto, video dan juga dokumen-dokumen yang barangkali masyarakat belum pernah melihat itu," kata Setya dalam Konferensi Pers, Senin (1/8).

Baca Juga: Aturan Mengibarkan Bendera Merah Putih, Jangan Asal Memeriahkan HUT Ke-77 RI

Tujuh mobil kepresidenan akan di pamerkan di halaman dan rooftop parkir Sarinah. Adapun untuk arsip kepresidenan yang dipamerkan akan dilengkapi dengan arsip koleksi dari Arsip Nasional.

Pada pameran tersebut, akan ditekankan bagaimana tujuh Persiden RI dapat menjawab krisis dan tantangan di zamannya.

Diantaranya, mulai dari era Presiden Soekarno bagaimana menyatukan bangsa Indonesia hingga era Presiden Jokowi bagaimana menjawab tantangan krisis global pandemi Covid-19.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Bey Machmudin menambahkan, pameran tujuh mobil kepresidenan dan arsip kepresidenan merupakan bentuk pelibatan masyarakat dalam rangkaian HUT Kemerdekaan ke 77 tahun.

Ia menambahkan, pameran tersebut digelar secara gratis, dimana masyarakat dapat mengambil foto bersama tujuh mobil kepresidenan dan arsip kepresidenan.

"Masyarakat bisa berfoto di depan mobil tersebut dan tentunya yang paling penting adalah pameran ini gratis. Jadi masyarakat silahkan berbondong-bondong ke Sarinah," paparnya.

Baca Juga: Sambut HUT RI Ke-76, Meikarta berikan promo cask back Merdeka, ini syaratnya

Di usia 77 tahun kemerdekaan tahun ini, serangkaian acara akan mulai pada tanggal 1 Agustus 2022. Dimana nanti malam akan digelar zikir dan doa kebangsaan 77 tahun Indonesia Merdeka di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Selanjutnya pada rangkaian acara jelang HUT Kemerdekaan, juga akan dilakukan Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional pada tanggal 10 Agustus. Kemudian pada 11 Agustus digelar Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-61 di Istana Negara.

Dilanjutkan pada 12 Agustus dilaksanakan Upacara Penganugrahan Tanda Kehormatan Republik Indonesia di Istana Negara.

Kemudian pada 15 Agustus akan dilaksanakan pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka di Istana Negara. Di hari yang sama juga akan dimulai Hari Belanja Diskon Indonesia.

Baca Juga: Dukung swasembada pangan, PTPN Group luncurkan produk ritel dengan brand NUSAKITA

Pada 16 Agustus dilaksanakan acara kenegaraan yakni Pidato Kenegaraan dan Pidato Penyampaian RUU APBN tahun 2023 di gedung MPR DPR dan DPD RI. Kemudian, malam harinya dilaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Selanjutnya acara inti pada tanggal 17 Agustus, dilanjutkan tanggal 18 Agustus Peringatan Hari Konstitusi di Gedung MPR/DPR/DPD RI. Sebagai penutup rangkaian Peringatan Kemerdekaan RI ke 77 tahun akan dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah. Pada acara penutupan tersebut akan dilaksanakan festival peringatan kemerdekaan sekaligus penyambutan tamu-tamu G20.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru