Hutama Karya Targetkan 5 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Rampung Tahun Ini

Selasa, 24 Januari 2023 | 16:34 WIB   Reporter: Vina Elvira
Hutama Karya Targetkan 5 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Rampung Tahun Ini

ILUSTRASI. Hutama Karya terus mendorong penyelesaian sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di tahun 2023. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww.


JALAN TOL - JAKARTA. PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) terus mendorong penyelesaian sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di tahun 2023 ini.

Beberapa ruas jalan tol tersebut di antaranya, Tol Simpang Indralaya - Muara Enim (Seksi Simpang Indralaya - Prabumulih), Indrapura - Kisaran (Seksi 1 dan 2), Binjai - Langsa (Seksi Binjai - Pangkalan Brandan), Sigli - Banda Aceh (Seksi 1,5,6) dan Tol Pekanbaru - Padang (Seksi Bangkinang - Pangkalan).

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengungkapkan, keseluruhan ruas tersebut progres pembangunannya sudah cukup signifikan dengan rata-rata di atas 50%. 

"JTTS merupakan akses vital dalam menghubungkan masyarakat di Pulau Sumatera dan antar pulau. Hadirnya JTTS juga diharapkan menjadi stimulus baru yang akan meningkatkan perekonomian," ungkap Koentjoro dalam keterangan resminya, hari ini.

Baca Juga: Hutama Karya Mulai Garap Dua Proyek Infrastruktur Air di Awal 2023

Bila diperinci, pembangunan jalan tol Simpang Indralaya - Muara Enim (Seksi Simpang Indralaya - Prabumulih) sepanjang 65 km saat ini sudah mencapai 89%. Dari sisi pekerjaan struktur, pengerjaan rest area terus berjalan. Sementara untuk pengerjaan pintu tol dan 1 (satu) simpang susun telah selesai di garap. 

"Jalan tol ini diharapkan dapat mendukung percepatan mobilitas masyarakat di wilayah Sumatera Selatan bagian Ogan Ilir, Prabumulih dan Muara Enim," tuturnya. 

Sementara itu, untuk mendukung konektivitas sentra-sentra produksi hingga akses ke berbagai destinasi wisata di Sumatera Utara dan sekitarnya, pembangunan jalan tol Indrapura - Kisaran (Seksi 1 dan 2) sepanjang 47 km sudah mencapai 78%. Jalan tol ini akan dilengkapi dengan dua simpang susun dan dua gerbang tol.

Untuk Jalan Tol Binjai - Langsa (Seksi Binjai - Pangkalan Brandan) sepanjang 58 km, lanjut dia, saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 58%. Jalan tol ini nantinya memiliki 3 gerbang tol, 3 simpang susun, 26 jembatan dan direncanakan memiliki 1 rest area. 

Selanjutnya, pembangunan Jalan Tol Sigli - Banda Aceh (Seksi 1,5,6) sepanjang 38 km sudah mencapai 81%. Seksi jalan tol ini akan dilengkapi dua simpang susun dan dua gerbang tol.

Baca Juga: Hutama Karya Resmikan RSUP Dr. Ben Mboi di Kupang

"Jika nanti tersambung, artinya seluruh pengerjaan dari Jalan Tol Sigli - Banda Aceh rampung secara keseluruhan dengan total panjang 74,2 km," jelasnya.

Sebagai informasi, jalan tol ini merupakan salah satu ruas utama (backbone) JTTS untuk mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Aceh. Terakhir, pembangunan JTTS yang direncanakan rampung di tahun ini adalah Jalan Tol Pekanbaru - Padang (Seksi Bangkinang - Pangkalan) dengan panjang 24,7 km. 

Saat ini, progres konstruksinya sudah mencapai 73%. Jalan Tol Bangkinang - Pangkalan juga akan dilengkapi dengan satu simpang susun dan 1 ramp on/off. Adapun, rencana kecepatan lima jalan tol ini berkisar 80 - 100 km/jam, dengan jumlah lajur 2x2.

Hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang ±1.064 km dengan 465 km ruas tol konstruksi dan 599 km ruas tol Operasi.

Baca Juga: Hutama Karya Rampungkan Proyek Revitalisasi Bandara Internasional Lombok

Adapun, ruas yang telah beroperasi secara penuh diantaranya yakni Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (141 km), Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (189 km), Tol Palembang – Indralaya (22 km), Tol Medan Binjai (17 km), Tol Pekanbaru – Dumai (132 km), Tol Sigli Banda Aceh Seksi 2, 3 dan 4 (37 km) serta Tol Binjai – Langsa Seksi 1 (12 km), Tol Bengkulu - Taba Penanjung (18 km) dan Tol Bangkinang - Pangkalan (31 km).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru