Ini Komentar Apindo Terkait Industri di Banten yang Ramai-Ramai Pindah ke Jateng

Rabu, 07 Agustus 2024 | 14:35 WIB   Reporter: kompas.com
Ini Komentar Apindo Terkait Industri di Banten yang Ramai-Ramai Pindah ke Jateng

ILUSTRASI. Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyoroti fenomena relokasi pabrik dari Banten ke Jawa Tengah.


APINDO - SERANG. Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyoroti fenomena relokasi pabrik dari Banten ke Jawa Tengah. 

Pabrik-pabrik yang bergerak di sektor garmen melakukan relokasi sebagai langkah efisiensi dengan memindahkan basis produksi ke daerah yang memiliki upah minimum lebih rendah.

Sebagai perbandingan Upah Minumum Provinsi (UMP) Banten 2024 adalah Rp 2,7 juta (Rp 2.727.812), sementara Jawa Tengah Rp 2 juta (2.036.947).

"Relokasi ini terjadi karena sebab akibat. Karena memang Banten (upah) relatif cukup tinggi untuk manufaktur sehingga industri yang padat karya ini tidak survive, contohnya seperti garmen, sepatu, tekstil itu sulit untuk survive. Sehingga mereka lebih memilih relokasi ke Jawa Tengah," kata Ketua Apindo Banten Yakub F Ismail kepada Kompas.com melalui telepon, Rabu (7/8/2024).

Baca Juga: Industri Manufaktur Kontraksi, Apindo Beberkan Pangkal Masalahnya

Untuk mengantisipasi hengkangnya pabrik ke luar Banten, Yakub mengusulkan agar dua wilayah yakni Kabupaten Pandeglang dan Lebak menjadi lokasi tujuan relokasi. 

Kedua wilayah itu diusulkan karena upah minimum sama dengan di Jawa Tengah atau wilayah lainnya di Banten. 

"Dua wilayah di banten ini yang UMK-nya masih sama, dan gimana supaya menjadi alternatif (relokasi). Jadi kalau mau relokasi enggak keluar Banten, tetap masih di Banten," ujar dia. 

Namun, Apindo meminta Pemerintah Provinsi Banten untuk memperbaiki infrastuktur, dan DPRD Banten mempersiapkan regulasinya. 

Hal itu, lanjut Yakub, dilakukan guna menyelesaikan permasalahan pengangguran yang saat ini menempati peringkat teratas se-Indonesia dan salah satu faktornya penyebabnya adalah banyak pabrik pindah ke daerah lain. 

"Usulan ini harus menjadi pembahasan lebih dalam dan kompersenif untuk menjawab tantangan yang ada (pengangguran)," tandas dia.

Baca Juga: Ini Sektor Bisnis yang Raih Cuan dari HUT RI ke-79 di IKN

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Upah Pekerja Tinggi, Industri di Banten Ramai-ramai Pindah ke Jateng", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2024/08/07/135527778/upah-pekerja-tinggi-industri-di-banten-ramai-ramai-pindah-ke-jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru