DKI Jakarta

Ini pos-pos pengecekan SIKM di Bodetabek sebelum masuk Jakarta

Selasa, 26 Mei 2020 | 10:43 WIB Sumber: Kompas.com
Ini pos-pos pengecekan SIKM di Bodetabek sebelum masuk Jakarta

ILUSTRASI. Kendaraan melintas di pintu Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). Ini pos-pos pengecekan SIKM di Bodetabek sebelum masuk Jakarta. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, check point penyekatan kendaraan yang hendak masuk wilayah Jakarta tersebar di 11 titik di wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Tangerang. 

Menurut Sambodo, penyekatan di wilayah Bodetabek itu merupakan penyekatan lapis kedua. Penyekatan sebelumnya telah dilakukan di pintu tol arah Jakarta di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. 

Baca Juga: Jokowi: TNI & Polri diterjunkan di 4 provinsi untuk mendisiplinkan PSBB

"Penyekatan di ring 2, siang tadi kami rapatkan dengan instansi terkait. Itu ada 11 titik pemeriksaan yaitu 4 (titik) di Kabupaten Bogor, 4 di Kabupaten Bekasi, dan 3 di Kabupaten Tangerang," kata Sambodo dalam tayangan Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Senin (25/5). 

Ia menjelaskan, penyekatan tidak hanya dilakukan di pintu tol arah Jakarta tetapi juga dilakukan di jalur-jalur arteri dari arah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Penyekatan dilakukan untuk memeriksa kepemilikan surat izin keluar masuk (SIKM). 

Pemerintah Provinsi DKI telah menetapkan, hanya warga yang mengantongi SIKM yang diperbolehkan masuk wilayah Jakarta.  "Di tol utama itu mulai dari Semarang, Brebes, sampai Karawang Barat KM 47 sampai KM 29 di gerbang tol Cikarang Utama, itu ada pemeriksaan," ujar Sambodo. 

"Kalau dari arah Banten, itu ada di Cikupa. Kalau di (jalur) arteri, mulai dari Kedungwaringin masuk ke Kabupaten Bekasi, Ciawi, Cianjur, Bogor, termasuk juga di jalan raya Serang dari arah Banten. Ini ada check point untuk memeriksa kepatuhan terhadap SIKM ini," lanjut dia. 

Baca Juga: [Breaking News] Pasukan TNI & Polri mulai terjun mendisiplinkan PSBB

Menurut Sambodo, penyekatan kendaraan untuk mengecek SIKM juga dilakukan di 8 titik check point di wilayah Jakarta. "Penyekatan di ring 1, ada 8 titik penyekatan check point PSBB yang saat ini sudah exsisting, untuk kemudian melaksanakan pemeriksaan terhadap SIKM," kata dia. (Rindi Nuris Velarosdela)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Pos-pos Pengecekan SIKM di Bodetabek Sebelum Masuk Jakarta"

Editor: Tendi Mahadi


Terbaru