Jabodetabek

Jakarta Akan Mendapat Pasokan Sekitar 63.000 Ekor Hewan Kurban Idul Adha 2024

Senin, 29 April 2024 | 16:03 WIB Sumber: Kompas.com
Jakarta Akan Mendapat Pasokan Sekitar 63.000 Ekor Hewan Kurban Idul Adha 2024

ILUSTRASI. Jakarta akan mendapat pasokan sekitar 63.000 ekor hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha 2024. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/tom.


IDUL ADHA - JAKARTA. Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, Jakarta akan mendapat pasokan sekitar 63.000 ekor hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha 2024.

"Kalau berdasar dari tahun lalu, kenaikan itu tak lebih dari 3-7 persen. Sekitar 63.000 sekian. Termasuk kambing, domba dan kerbau," ujar Suharini kepada wartawan, Senin (29/4/2024).

Suharini menyatakan Dinas KPKP DKI telah berkomunikasi dengan pejabat daerah di luar Jakarta berkait proses pengiriman hewan kurban jelang Idul Adha 2024.

"Misalnya ada sapi 100 ekor dari Banyuwangi masuk ke Jakarta. Selain dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan hewan, pejabat otoritas vateriner (POV) memastikan sapi itu berasal dari lingkungan yang tidak pernah terjadi indikasi penyakit menular lainnya," kata Suharini.

Sebelumnya, Dinas KPKP DKI telah melakukan pemetaan untuk pengiriman hewan kurban dari daerah ke Jakarta.

Baca Juga: Jemaah Haji Berangkat Mulai 12 Mei 2024, Berapa Hari Lagi Lebaran Haji?

Suharini mengatakan, pemetaan pengiriman hewan kurban dilakukan dalam rangka persiapan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

"Misal, sebagian besar hewan kurban yang masuk ke Jakarta sebagian besar dari Jawa Timur, kemudian yang terdekat dari Lampung, itu kita yang petakan," ujar Suharini.

Dinas KPKP DKI bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk proses pemetaan pengiriman hewan kurban.

Menurut Suharini, pemetaan dilakukan untuk memastikan kondisi hewan kurban yang akan dijual kepada masyarakat.

"Mereka (peternak) sesungguhnya untuk pengendalian penyakitnya seperti apa? Jadi (pemetaannya) lebih kayak gitu," ucap Suharini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasokan Hewan Kurban di Jakarta untuk Idul Adha 2024 Capai 63.000 Ekor"

 
 
 
 

Selanjutnya: Biden Sahkan UU yang Menekan Induk TikTok dan Mendukung Taiwan, China Balik Mengancam

Menarik Dibaca: 20 Poster Hari Buruh 1 Mei 2024, Yuk Download Gratis di Sini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru