Jalan yang menghubungkan Takengon-Meulaboh tertimbun longsor

Minggu, 17 Mei 2020 | 08:04 WIB Sumber: Kompas.com
Jalan yang menghubungkan Takengon-Meulaboh tertimbun longsor

ILUSTRASI. Foto udara bencana longsor melanda kampung Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (2/1/2019).


TANAH LONGSOR - TAKENGON. Ruas jalan nasional yang menghubungkan Takengon-Meulaboh atau Jalan Takengon-Angkup, longsor Sabtu (16/5) pukul 20.00. Akibat bencana yang terjadi di Kampung Sanehen, Kecamatan Silihnara itu, terjadi kemacetan lalu lintas sekitar 1 kilometer selama kurang lebih 6 jam.

Hal itu diungkapkan Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tengah, Aceh, Ishak, ketika dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (17/5) dini hari. "Saat ini, kami sudah membuka jalan, kendaraan sudah dapat dilalui, walau sempat terjadi kemacetan kendaraan yang cukup panjang tadi," sebut Ishak.

Baca Juga: Pabrik dan Hotel milik BUMN bisa kembali beroperasi 25 Mei 2020

Ketinggian tanah yang menimpa aspal jalan lanjut Ishak, mencapai 4 meter. Saat mengangkut material dari badan jalan, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Aceh Tengah mengerahkan 1 unit alat berat dan 2 unit dump truck.

Terdapat pula personel kepolisian dari Polsek Silihnara dan personel TNI dari Kecamatan Silihnara yang ikut serta membantu proses pembersihan material longsor. "Tidak ada korban jiwa maupun harta benda yang kami terima. Yang pasti sekarang jalan sudah dapat dilalui," sebut dia.

Baca Juga: Pemerintah telah memeriksa 182.818 spesimen terkait virus corona hingga Sabtu (16/5)

Pembersihan material longsor baru selesai dilakukan sekitar pukul 02.00 dini hari waktu setempat. "Kami sudah berkoordinasi dengan PPK VII Aceh, mereka akan melakukan pembersihan material lanjutan pada Minggu pagi," ungkap dia. (Iwan Bahagia)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Jalan yang Menghubungkan Takengon-Meulaboh Tertimbun Longsor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru