Jokowi Disopiri Prabowo Naik Mobil Maung Saat Kunjungi Gudang Amunisi PT Pindad

Senin, 24 Juli 2023 | 15:03 WIB Sumber: Kompas.com
Jokowi Disopiri Prabowo Naik Mobil Maung Saat Kunjungi Gudang Amunisi PT Pindad

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir mencoba kendaraan taktis Maung 4x4 di kompleks PT Pindad, Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023).


AGENDA PRESIDEN -  MALANG. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Gudang Amunisi PT. Pindad (Persero) di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023). 

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi menaiki mobil taktis Maung buatan PT. Pindad. Jokowi disopiri oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. 

Tampak mendampingi presiden, Menteri BUMN, Erick Tohir dan Ibu Negara, Iriana Jokowi. 

Di lokasi Presiden Jokowi, Prabowo Subianto, Erick Tohir, Kepala Satuan TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal Dudung Abdurrahman, dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa mengecek ketersediaan amunisi buatan PT. Pindad. 

Baca Juga: Ajak Prabowo-Erick Thohir Kunker Bareng ke Malang, Ini Penjelasan Jokowi

"Kedatangan kami di sini untuk melihat prospek produk-produk yang diproduksi oleh PT Pindad. Sebab setiap kunjungan saya, mereka selalu menanyakan tentang peluru ini," ungkap Jokowi, Senin (24/7/2023). 

Jokowi menyebutkan bahwa industri pertahanan di Indonesia memiliki prospek yang baik dan memang harus dikembangkan, baik yang berkaitan dengan peluru, kendaraan, atau senjata. 

"Karena dunia sekarang sedang kekurangan peluru. Permintaan banyak," jelasnya. 

Menurut mantan Wali Kota Solo itu, produksi peluru di PT Pindad mengalami peningkatan dua kali lipat setelah diberi penyertaan modal negara (PNM). Dari jumlah 275 juta, meningkat menjadi 415 juta peluru. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Jadi Inspektur Upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-63

"Sebelum diberi Penyertaan Modal Negara (PMN), produksi Pindad untuk peluru ini sebanyak 275 juta peluru. Kemudian setelah kita beri PMN sebesar Rp 700 miliar, produksi peluru meningkat menjadi 415 juta peluru," jelasnya. 

Jokowi pun merekomendasikan PT. Pindad bermitra agar pengembangannya lebih cepat. 

"Tadi saat kami rapat internal saya sampaikan bahwa akan lebih baik kalau kita bermitra. Akan lebih baik kalau kita mencari partner sehingga pengembangan dari PT Pindad ini akan lebih cepat," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Naik Mobil Maung Disopiri Prabowo, Kunjungi Gudang Amunisi PT Pindad",
Penulis : Kontributor Kabupaten Malang, Imron Hakiki
Editor : Pythag Kurniati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru