Jabodetabek

Kabar baik! Bakal ada 500 titik internet gratis untuk pelajar Kota Tangerang

Kamis, 06 Agustus 2020 | 12:45 WIB Sumber: Kompas.com
Kabar baik! Bakal ada 500 titik internet gratis untuk pelajar Kota Tangerang

ILUSTRASI. Ilustrasi internet gratis bagi pelajar.

KONTAN.CO.ID - TANGERANG. Ada kabar baik bagi pelajar di Kota Tangerang. Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tangerang Mulyani, program internet gratis untuk pelajar bisa dinikmati pelajar di Kota Tangerang awal September 2020. 

"Targetnya 1 September sudah bisa dimulai, Agustus ini tahap persiapan," kata Mulyani saat dihubungi Kompas.com, Kamis (6/8/2020). 

Baca Juga: Belajar online jadi lebih mudah, ada paket IndiHome khusus pelajar yang terjangkau

Mulyani mengatakan, setidaknya sudah ada 500 Rukun Warga (RW) yang lolos verifikasi kriteria dan menjadi titik internet gratis untuk pelajar di Kota Tangerang. Namun, RW yang berada di perumahan elite tidak akan dipasang internet gratis. 

"Tapi RW yang berada di komplek elit yang mampu tidak diusulkan. Ini untuk kebutuhan belajar masyarakat yang tidak mampu prioritasnya," ujar Mulyani. 

Baca Juga: Pelajar di Langkat, Sumatera Utara lancar belajar online berkat 32 router XL Axiata

Mulyani menjelaskan, perangkat internet gratis tersebut akan dipasang di ruang publik yang cukup besar seperti masjid, balai warga atau mushalla sehingga bisa menampung banyak siswa. 

Dia juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kelurahan agar bisa mengatur tempat internet gratis dengan protokol kesehatan yang ada. "Kami koordinasi juga dengan pihak kelurahan RT-RW untuk bisa mengawasi agar protokol kesehatan bisa dilaksanakan," kata dia. 

Baca Juga: Asyik! Dana Desa bisa digunakan untuk penyediaan internet

Adapun kecepatan akses internet gratis tersebut diberikan dengan kecepatan 50 Megabyte per detik. Untuk kriteria anak yang layak mendapat internet gratis, Mulyani menyerahkan kepada RT-RW setempat. "Yang penting untuk yang tidak mampu, wilayah yang menentukan siapa yang bisa mengkases," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bakal Ada 500 Titik Internet Gratis untuk Pelajar Kota Tangerang Awal September 2020"
Penulis : Singgih Wiryono
Editor : Sandro Gatra

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie


Terbaru