Kabar Terkini, Gempa Susulan Terjadi Di Maluku Barat Daya, 2 Rumah Roboh

Kamis, 30 Desember 2021 | 06:27 WIB Sumber: BMKG,Kompas.com
Kabar Terkini, Gempa Susulan Terjadi Di Maluku Barat Daya, 2 Rumah Roboh

ILUSTRASI. Kabar Terkini, Gempa Susulan Terjadi Di Maluku Barat Daya, 2 Rumah Roboh

KONTAN.CO.ID - Maluku. Simak perkembangan kabar terkini terkait gempa di Maluku Barat Daya. Guncangan gempa menyebabkan kerusakan rumah milik warga Maluku Barat Daya.

Merujuk laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa magnitudo 7,4 mengguncang Maluku Barat Daya dan sekitarnya pada hari ini, Kamis (30/12/2021), 01.25 WIB.

Pusat gempa berada di 45 kilometer dari Maluku Barat Daya. Kedalaman pusat gempa terkini tersebut 210 kilometer. BMKG menyebutkan gempa terkini ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Namun, warga dihimbau tetap waspada. Pasalnya, gempa susulan masih terjadi.

Terkini, terjadi gempa susulan magnitudo 5,1 pada pukul 03:32:53 WIB.  Kedalaman pusat gempa terkini tersebut 170 kilometer.

Pusat gempa terkini tersebut berada di laut 36 km Barat Laut Maluku Barat Daya. Gempa terkini ini juga tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Baca Juga: BMKG Deteksi Gempa Terkini Magnitudo 4,1 di Sukabumi, Jawa Barat (30 Desember 2021)

Sementara itu, diberitakan Kompas.com, dua rumah warga di Desa Wakarlely, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, roboh setelah gempa magnitudo 7,4 mengguncang wilayah itu pada Kamis (30/12/2021) dini hari. "Data sementara ada dua rumah warga di Desa Wakarley yang roboh," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Barat Daya, Josua Philipus kepada Kompas.com via pesan Whatsapp, Kamis.

Josua mengatakan, gempa tersebut sangat kuat dirasakan getarannya di Tiakur dan sejumlah daerah lainnya di Maluku Barat Daya. "Gempa sangat kuat dirasakan getarannya di MBD (Maluku Barat Daya)," katanya.

Dia mengatakan, kuatnya getaran gempa membuat sebagian besar warga di daerah itu berhamburan keluar dari rumahnya. "Seluruh warga (di sini) berhamburan ke jalan," katanya.

Itulah informasi gempa terkini yang terjadi Maluku Barat Daya hari ini, Kamis 30 Desember 2021. Semoga gempa susulan tidak lagi terjadi.

 

 

 

Selanjutnya: BMKG Deteksi Gempa Terkini Magnitudo 4,1 di Sukabumi, Jawa Barat (30 Desember 2021)

Editor: Adi Wikanto
Terbaru