Umum

Kaya manfaat, daun dan buah jambu biji bisa mengobati ambeien sampai diabetes

Jumat, 27 November 2020 | 17:55 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Kaya manfaat, daun dan buah jambu biji bisa mengobati ambeien sampai diabetes


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidak hanya lezat jambu biji kaya akan manfaat untuk kesehatan. Ini manfaat daun dan buah jambu biji sebagai obat herbal. 

Apa yang Anda pikirkan saat mendengar daun jambu biji? 

Kebanyakan orang akan menjawab, daun jambu biji obat diare. Ya, salah satu manfaat daun jambu biji memang sebagai obat herbal diare. 

Baca Juga: Jus labu siam dengan mentimun bisa menurukan tekanan darah tinggi, begini membuatnya

Faktanya, manfaat daun jambu biji dalam dunia pengobatan herbal tidak hanya itu saja. Daun jambu biji dipercaya bisa menumpas sejumlah penyakit. 

Untuk Anda yang belum familiar. Daun jambu biji memiliki warna hijau dengan bentuk bulat telur dan memiliki tulang daun yang tegas. 

Mengutip dari buku berjudul Altas Tumbuhan Obat Indonesia Volume 2, karyaSetiawan Dalimartha, daun jambu biji mengandung tanin, eugenol, minyak lemak, damar, zat samak, triterpenoid, asam malat, dan asam apfel. 

Tidak hanya daun jambu biji yang bermanfaat sebagai obat herbal, buah jambu biji pun memiliki khasiat yang sama. 

Melansir dari buku berjudul Tanaman Obat Keluarga karya Fauziah M, buah jambu biji mengandung asam amino, kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin C, A, dan B1.

Manfaat daun dan buah jambu biji sebagai obat herbal 

Belakangan obat herbal jadi idola sebagian orang. Alasannya, obat herbal dianggap lebih aman dikonsumsi dan minim efek samping. 

Daun dan buah jambu biji sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal sejak dahulu kala. 

Daun jambu biji pun mudah ditemui di pekarangan atau kebun. Tanaman jambu biji banyak dibudidayakan karena jambu biji memiliki rasa yang lezat dan daun jambu biji bermanfaat sebagai obat herbal. 

Berikut manfaat daun dan buah jambu biji sebagai obat herbal yang harus Anda ketahui. 

1. Perut kembung

Perut kembung bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja. Seseorang yang menderita perut kembung pasti merasa tidak nyaman. 

Daun jambu biji bisa mengatasi keluhan perut kembung Anda. Anda rebus tiga lembar daun jambu biji muda yang masih segar, lima butir adas, 1/2 jari kulit batang pulosari dengan dua cangkir air. 

Anda rebus bahan-bahan tersebut sampai mendidih dan menyisahkan satu cangkir air. Anda saring dan dinginkan lalu minum ramuan herbal tersebut satu kali sehari. 

2. Diabetes melitus 

Penyakit diabetes melitus tidak bisa dianggap enteng. Sebab, penyakit diabetes melitus bila dibiarkan akan menggerogoti tubuh.

Buah jambu biji dipercaya bisa mengobati diabetes melitus. Cara membuat ramuan herbal ini cukup mudah, Anda cuci dan potong kecil-kecil satu buah jambu biji yang muda atau mengkel. 

Lalu, Anda rebus jambu biji tersebut dengan tiga gelas air. Anda rebus jambu biji sampai mendidih dan menyisahkan satu gelas air. Anda minum ramuan tersebut dua kali sehari.

3. Ambeien 

Apakah Anda penderita ambeien? Duh rasanya pasti sakit dan tidak nyaman. Ambeien membuat Anda susah duduk dan tidak nyaman beraktivitas. 

Untuk Anda yang enggan minum obat kimia, daun jambu biji efektif mengobati ambien. 

Anda ambil beberapa lembar daun jambu batu yang masih muda dan satu buah pisang batu. Anda cuci sampai bersih kedua bahan tersebut lalu tumbuk sampai halus. 

Anda peras air daun jambu batu dan pisang batu tersebut. Anda minum obat herbal tersebut setiap hari secara teratur. 

4. Sariawan 

Daun jambu biji dipercaya bisa mengobati sariawan. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda segenggam daun jambu biji dan satu jari kulit batang jambu biji. 

Anda cuci bersih daun dan kulit batang jambu biji, lalu rebus dengan satu liter air. Anda rebus bahan tersebut sampai 15 menit lalu saring dan dinginkan. 

Anda habiskan air rebusan daun dan kulit batang jambu biji dalam satu hari. 

5. Menurunkan kolesterol 

Daun jambu biji mengandung flavonoid yang berperan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. 

Daun jambu biji bisa jadi solusi untuk Anda yang enggan minum obat penurun kolesterol dari dokter. Cara membuat obat herbal ini cukup mudah berikut bahan dan panduan membuatnya. 

Bahan 

  • Daun jambu biji 7 lembar 
  • Daun ceremai 2 genggam 
  • Daun sirih 10 lembar 
  • Air 3 gelas 

Anda cuci semua bahan sampai bersih lalu rebus semuanya sampai mendidih dan menyisahkan air setengahnya. 

Anda saring dan dinginkan air rebusan daun jambu biji tersebut. Anda minum 3/4 gelas air rebusan tersebut setiap pagi dan malam hari. 

Baca Juga: Ini manfaat pala untuk kecantikan tubuh yang harus Anda ketahui

Selanjutnya: Mengonsumsi buah kesemek bisa menurunkan tekanan darah tinggi sampai mengobati diare

 

 

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru