KCIC Akan Bangun Jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung Hingga ke Wilayah Purwakarta

Senin, 20 Maret 2023 | 17:50 WIB   Reporter: Venny Suryanto
KCIC Akan Bangun Jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung Hingga ke Wilayah Purwakarta

ILUSTRASI. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membangun sarana dan prasarana transportasinya hingga ke Purwakarta. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom.


KERETA CEPAT - JAKARTA. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membangun sarana dan prasarana transportasinya hingga ke Purwakarta. 

Lewat pembangunan sarana transportasi tersebut, KCIC menerima penghargaan sebagai Terbaik Ke 2 Kategori Penanaman Modal Asing dalam kegiatan Anugerah Investasi Purwakarta. 

Penghargaan tersebut diberikan kepada KCIC sebagai investasi KCIC pada proyek Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di wilayah Purwakarta dinilai telah memenuhi persyaratan investasi terbaik. Hal itu berdasarkan nilai investasi, pengurusan perizinan, penyerapan tenaga kerja, dampak sosial, dan Laporan Kegiatan Penanaman Modal. 

General Manager Corporate Secretary KCIC, Rahadian Ratry menyampaikan KCIC tidak hanya membangun sarana dan prasarana transportasi di wilayah Purwakarta, namun juga turut membangun perekonomian pada wilayah-wilayah yang dilalui.

Baca Juga: Kementerian PUPR Menguji Rancang Bangun dan Terowongan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

“Dengan investasi yang ditanamkan KCIC di Purwakarta ini dapat menguntungkan pemerintah dan masyarakat yang ada di sekitar trase KCJB. Di satu sisi pendapatan daerah meningkat, di sisi lain masyarakat yang menerima ganti untung pembebasan lahan, juga mendapatkan manfaatnya,” ujar dia dalam keterangan resmi, Senin (20/3). 

Purwakarta akan menjadi salah satu wilayah yang dilalui oleh KCJB sepanjang 24 km. Di Purwakarta, KCIC membangun 5 buah terowongan, 19 struktur jembatan, dan 28 struktur subgrade
Salah satu terowongan tersebut, yaitu tunnel 2 juga sempat dilakukan pemeriksaan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 17 Januari 2022 karena kompleksitasnya yang tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru