Kebijakan PPKM diperpanjang, sejumlah mal di Tangerang masih tutup

Jumat, 13 Agustus 2021 | 17:23 WIB   Reporter: Ramadhan Sultan
Kebijakan PPKM diperpanjang, sejumlah mal di Tangerang masih tutup

Gerai penyedia obat dan multivitamin tetap buka di Mal Tangcity, Kota Tangerang (13/8/2021).


PPKM - TANGERANG. Pemerintah menetapkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 16 Agustus 2021 di wilayah Jawa dan Bali. Pemerintah melakukan uji coba pembukaan pusat belanja atau mal di Jakarta. Namun mal di wilayah Tangerang masih tutup.

Berdasarkan pantauan Kontan.co.id, Jumat (13/8), salah satu mall di Kota Tangerang yakni Tangerang City Mall (Tangcity) masih tutup hingga saat ini. Situasi di pusat belanja tersebut terlihat tidak ada pengunjung. Namun, dikarenakan Tangcity terdapat Apartemen Skandinavian dan Hotel Novotel terdapat beberapa orang yang tinggal dan sedang menginap di ke-2 tempat tersebut.

Media Realtion Tangcity Mall, Intan Amalia mengatakan, Tangcity memang masih tutup operasionalnya hingga waktu yang belum ditentukan. Tangcity Mall sudah tutup sejak per tanggal 3 Juli 2021 lalu hingga saat ini. “Yang terakhir saya ketahui baru diizinkan untuk percobaan buka mall di 4 kota besar ya, Tangerang belum termasuk,” ucap Intan saat dihubungi Kontan.co.id, Jumat (13/8).

Baca Juga: Level PPKM di Beberapa Daerah Menurun, Satgas Minta Daerah Jangan Berpuas Diri

Ia melanjutkan, untuk pendapatan mall Tangcity pasti turun ya, dikarenakan mall Tangcity sekitar 80% berisi ritel Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) dan penyewa ritel tidak membayar full untuk sewa tenannya. Selama penutupan mall Tangcity, ia bilang tidak ada pengurangan karyawan Tangcity yang jumlahnya sekitar 200 orang. 

Ia hanya menggambarkan soal pendapatan mall Tangcity yang biasa bisa dapat 100% sebelum ada pandemi covid-19, selama pandemi covid-19 ditambah adanya PPKM pendapatan paling hanya 25%. “Kalau untuk detailnya pengurangan penyewa tenant di Tangcity, saya belum dapat update-an dikarenakan Tangcity masih tutup, namun pasti ada penyewa yang menstop untuk sewa tenan,” ujar Intan.

Sementara, operasional di Summarecon Mall Serpong (SMS) juga tutup. Tenan yang buka hanya Farmer Market serta Watsons dan Guardian. Evi Kurniati, Farmasis Apoteker Watsons mengatakan, sebelum ada PPKM dan setelah ada PPKM di Tangerang tenant Watsons tetap buka dikarenakan menyediakan produk farmasi.

Selanjutnya: Pengelola pusat belanja berharap PPKM efektif dan kapasitas kunjungan kembali optimal

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru