Kemenhub mulai revitalisasi terminal tipe A Amplas Medan

Minggu, 08 November 2020 | 22:17 WIB   Reporter: Lidya Yuniartha
Kemenhub mulai revitalisasi terminal tipe A Amplas Medan

ILUSTRASI. Menhub Budi Karya sumadi. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/wsj.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan memulai program revitalisasi Terminal Tipe A Amplas Medan, Sumatera Utara. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun mengatakan, program revitalisasi ini tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Sumatera Utara khususnya Medan memiliki potensi luar biasa. Pembangunan tidak boleh berhenti dan pelayanan harus tetap maksimal. Namun protokol kesehatan tetap menjadi panglima,” ungkap Budi dalam keterangan tertulis, Minggu (8/11).

Budi berharap, dengan adanya pembangunan sarana dan prasarana transportasi ini, maka akan membuat Medan memiliki angkutan massal yang masif dan baik. Dia pun berharap di Medan dan sekitarnya ada lompatan di bidang angkutan massal di akhir 2021.

Adapun, revitalisasi Terminal Amplas menelan dana sebesar Rp 45 miliar dengan skema Multi Years Contract (Kontrak Tahun Jamak).  

Baca Juga: Menhub minta pembangunan sarana transportasi tetap berlangsung selama pandemi

Revitalisasi Terminal Penumpang Tipe A Amplas Kota Medan dilaksanakan dalam 3 tahap mulai tahun 2020 hingga 2022 dengan konsep mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 132 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan.

Rencana Revitalisasi Terminal menitik beratkan pada konsep “Mix Use” yaitu berupa pengembangan Terminal yang terintegrasi dengan pusat perekonomian seperti mall, hotel, dan sebagainya, serta sistem pembelian tiket secara elektronik.

Dengan begitu diharapkan dapat meningkatkan pelayanan di Terminal melalui pola kepengusahaan guna mendukung perwujudan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Selanjutnya: Industri penerbangan diterpa pandemi Covid-19, bagaimana nasib bandara?

 

Editor: Handoyo .
Terbaru