KJRI New York Siap Sukseskan Pemilu 2024

Senin, 22 Januari 2024 | 06:00 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
KJRI New York Siap Sukseskan Pemilu 2024

ILUSTRASI. Alat peraga kampanye (APK) berupa bendera partai memadati pagar pembatas, jalan layang dan fasilitas umum lainnya di Jakarta, Kamis (18/1).


PEMILU - JAKARTA. Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York siap menyukseskan dan menjaga netralitas pada perhelatan Pemilu 2024. 

Konjen RI New York Winanto Adi mengatakan, terdapat lebih dari 50 negara di dunia yang menyelenggarakan pemilu tahun ini, salah satunya Indonesia.  

"Oleh karena itu, KJRI New York akan mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 sesuai dengan prinsip pemilu yaitu aman, damai, jujur, adil dan transparan," kata dia dalam keterangan resminya, Senin (22/1).

KJRI New York menggelar kegiatan pemilu damai pada Jumat (19/1) bekerja sama dengan Panitia Pemilih Luar Negeri (PPLN) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Luar Negeri New York. Kegiatan itu menghadirkan tokoh masyarakat, tokoh agama, para tokoh komunitas diaspora, pejabra perbankan, dan lain-lain.

Winanto juga mengajak masyarakat untuk mengawal dan berkontribusi terhadap proses Pemilu 2024 di wilayah kerja KJRI New York serta menyambut Pemilu 2024 sebagai pesta demokrasi yang menggembirakan.  

Baca Juga: Gibran Dorong Hilirisasi Tak Hanya Sektor Energi Tapi Juga Sektor Digital

Ia bilang pemilu di negara manapun akan mengakibatkan suasana politik agak panas. Namun menurutnya, itu merupakan hal biasa. Sehingga ia menghimbau agar jangan terjebak pada hingar bingar pemilu sesaat dan melupakan agenda kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih besar di masa depan.

Sementara itu, Indriyo Sukmono, Ketua PPLN New York mengungkapkan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di wilayah kerja KJRI New York mencapai 11.141 pemilih. Itu terdiri dari 6.647 pemilih melalui pos, sementara sisanya akan memilih di TPS New York, Kotak Suara Keliling (KSK) di Philadelphia dan di Dover.
 
Wakil dari Panwaslu New York, Hilman Beyri, menjelaskan Panwaslu New York hadir untuk melakukan pengawasan penyelenggaraan pemilu di wilayah New York.  Beberapa diantaranya adalah mengawasi pelaksanaan sosialisasi, mengawasi pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih, mengawasi kampanye, termasuk mengawasi pemungutan dan penghitungan suara serta pengumuman hasil penghitungan suara. 

Sebagai informasi, pemilu di wilayah kerja KJRI New York akan dilakukan lebih awal daripada di Tanah Air. Pada 6 Februari 2024 akan digelar pemilu di Philadelphia bertempat di Aquinas Center negara bagian Pennsylvania, lalu pada 8 Februari 2024 Dover Elks negara bagian New Hampshir, dan pada 10 Februari 2024 di New York City. Sementara penghitungan suara akan diselenggarakan di KJRI New York pada 14 Februari 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk

Terbaru