kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,96   1,15   0.15%
  • EMAS930.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Kota Tegal akan menerapkan new normal mulai 1 Juni


Sabtu, 30 Mei 2020 / 08:12 WIB
Kota Tegal akan menerapkan new normal mulai 1 Juni
ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan antre untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di pintu masuk (check point) Jalan Proklamasi, Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis (23/4/2020). Pemkot Tegal, Jawa Tengah, memutuskan tak memperpanjang PSBB.

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - TEGAL. Pemkot Tegal, Jawa Tengah, memutuskan tak memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan akan mulai menerapkan tatanan kehidupan baru atau new normal mulai 1 Juni 2020.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengungkapkan, sejumlah konsep telah disusun untuk penerapan new normal di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

"Saya berharap new normal ini, Kota Tegal menjadi yang pertama kali di Indonesia. Kami mengawal kebijakan Pak Presiden, 1 Juni sudah mulai diterapkan dan semoga tidak ada kesalahan di lapangan," kata Dedy, di Balai Kota Tegal.

Baca Juga: Proyek Flyover Martadinata Pamulang sudah rampung, kini tahap uji coba Proyek Flyover Martadinata Pamulang sudah rampung, kini tahap uji coba

Dedy sebelumnya telah menerbitkan Perwal Nomor 13 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penularan Covid-19. Perwal dengan tegas akan memberikan sanksi bagi pelanggar new normal yang tidak menjalankan protokol kesehatan dengan ketat.

Seperti di antaranya tidak memakai masker, jaga jarak aman, serta physical distancing dan social distancing. Sanksinya mulai dari sanksi sosial, pembubaran kegiatan, hingga pelarangan usaha selama pandemi Covid-19.

Dijaga TNI dan Polri

Dedy mengatakan, di seluruh mal atau pusat perbelanjaan, mulai 1 Juni akan ditempatkan petugas gabungan dari TNI dan Polri. "Masing-masing mal dijaga 40 orang dibagi dalam dua shift berarti masing-masing 20 orang," kata Dedy.

Sebelum penerapan new normal, Pemkot Tegal akan menggelar apel pasukan kesiapan bersama TNI dan Polri pada Sabtu (30/5). "Telah saya sampaikan ke jajaran Forkopimda sebagai jajaran gugus tugas, nanti tanggal 30 apel bersama TNI Polri di parkiran Transmart 30 Mei," terang Dedy.

Baca Juga: Enam wilayah ini tak kunjung dapat restu penerapan PSBB, kenapa?

Selain menugaskan petugas gabungan yang dibekali thermo gun, setiap mal juga akan tersedia minimal 10 bilik disinfektan dan 10 tempat sarana cuci tangan. Satu unit ambulans juga turut disiagakan.




TERBARU

[X]
×