KPU DKI siapkan template untuk pemilih tunanetra

Rabu, 11 Januari 2017 | 19:39 WIB Sumber: Kompas.com
KPU DKI siapkan template untuk pemilih tunanetra


JAKARTA. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Sumarno menuturkan, KPU DKI menyiapkan template khusus untuk surat suara pemilih penyandang tunanetra. Template surat suara tersebut dilengkapi dengan huruf braille.

"Ini yang untuk tunanetra. Jadi ini surat suara dimasukkan ke dalam template. Ini sudah sesuai nomor urutnya. Nanti tinggal mencoblos di salah satu (nomor)," ujar Sumarno, di Kantor KPU DKI, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Rabu (11/1).

Setelah itu, petugas TPS akan membantu mengambil dan melipat surat suara tersebut untuk dimasukkan ke dalam kotak suara. Sumarno menuturkan, setiap TPS akan disediakan satu template surat suara untuk penyandang tunanetra yang bisa digunakan bergantian.

Sumarno menjamin template tersebut tidak akan rusak.

"Tiap TPS satu. Enggak, template enggak rusak karena kan dia tebal, dari karton, enggak tipis kayak surat suara," kata Sumarno.

Adapun jumlah surat suara yang akan disiapkan KPU DKI yakni sejumlah daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2,5 persen. Tambahan surat suara tersebut digunakan apabila ada pemilih yang belum terdaftar dalam DPT atau ada surat suara yang rusak.

Surat suara tersebut akan dilengkapi dengan micro text dan hologram sebagai penanda surat suara tersebut asli. Pemungutan suara akan dilakukan pada 15 Februari 2017.

Sementara saat ini, tahapan pilkada masih masa kampanye yang akan berlangsung hingga 11 Februari 2017. Adapun Pilkada DKI 2017 diikuti tiga pasangan cagub-cawagub, yakni Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.  (Nursita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru