KRL Commuter Line tetap beroperasi di hari pertama PSBB Bodebek

Rabu, 15 April 2020 | 06:31 WIB Sumber: Kompas.com
KRL Commuter Line tetap beroperasi di hari pertama PSBB Bodebek

ILUSTRASI. Calon penumpang KRL Commuter Line antre menunggu kedatangan kereta di Stasiun Depok Lama, Depok, Jawa Barat, Selasa (14/4/2020). Antrean tersebut dampak dari kebijakan pembatasan jumlah penumpang di setiap rangkaian kereta dalam rangka percepatan penangan


COMMUTER LINE - JAKARTA. Kereta Rel Listrik ( KRL) Commuter Line akan tetap beroperasi pada hari pertama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek) pada Rabu (15/4/2020).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum membuat keputusan soal permohonan penghentian sementara operasional KRL selama PSBB di Bodebek yang telah diajukan para kepala daerah di wilayah itu.

"Belum ada keputusan. Namun sampai tanggal 17 (April) dipastikan KRL masih beroperasi," kata Kepala Bagian Humas Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub Budi Rahardjo, Selasa.

Baca Juga: Jika pelanggaran PSBB berulang, polisi akan kenakan pasal UU Kekarantinaan Kesehatan

Selama PSBB Budi berujar, operasional KRL pada Rabu besok sama seperti operasional KRL pada hari ini. Namun, mulai Kamis lusa waktu operasional KRL akan dikurangi.

"Untuk tanggal 16-17, ada sedikit pengurangan jadwal. Kalau tidak salah, pagi mulai jam 05.00 dari luar Jakarta (Bodetabek), sedangkan sore berakhir sampai jam 18.00 WIB dari Jakarta," kata Budi.

Sementara itu, operasional KRL setelah tanggal 17 April akan dibahas kembali bersama pemerintah daerah dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) selaku operator KRL Commuter Line.

Manager External Relations PT KCI Adli Hakim menyatakan hal serupa. Pada Rabu besok, KRL akan beroperasi mulai pukul 04.45 WIB.

"Untuk besok beroperasi dengan jadwal seperti hari ini. Keberangkatan pertama pukul 04.45 dari Bogor. Kereta terakhir dari Jakarta Kota tujuan Bogor tersedia sekitar pukul 18.30," ucap Adli saat dihubungi terpisah.

Sebelumnya diberitakan, lima kepala daerah tingkat kota dan kabupaten di Bogor, Depok, Bekasi, sepakat mengusulkan penghentian sementara operasional KRL saat penerapan PSBB yang akan dimulai serentak pada Rabu besok.

Baca Juga: Suasana pemberlakuan PSBB di KRL Senin (13/3), pengguna rela antre di stasiun

Usulan tersebut dibuat secara kolektif dan disampaikan hari ini kepada Menteri Perhubungan, Gubernur DKI Jakarta, dan Gubernur Jawa Barat. Langkah penghentian sementara operasional KRL tersebut dinilai mampu menekan penyebaran Covid-19.

"Kenapa ditutup, karena risikonya terlalu besar. Dengan kondisi seperti sekarang, di mana pengendaliannya lemah, kami tidak bisa menjamin pembatasan social distancing di dalam kereta bisa terwujud," kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PSBB di Bodebek Dimulai Besok, KRL Masih Beroperasi",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru