Launching Agustus 2022, KAI Pastikan Keamanan dan Keselamatan Pelanggan LRT Jabodebek

Senin, 11 April 2022 | 19:27 WIB   Reporter: Vina Elvira
Launching Agustus 2022, KAI Pastikan Keamanan dan Keselamatan Pelanggan LRT Jabodebek

ILUSTRASI. Foto udara proyek infrastruktur Depo LRT (Light Rail Transit). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU


LRT - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) mempersiapkan pendekatan preventif dan antisipatif dalam menjamin keamanan dan memastikan keselamatan pelanggan LRT Jabodebek saat soft launching pada bulan Agustus mendatang.

Saat ini KAI sudah memasuki masa pengujian GoA 3 pada lintas pelayanan, sehingga KAI akan mengujicobakan LRT Jabodebek secara otomatis dengan sangat hati-hati.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, KAI bersama-sama dengan para stakeholder lainnya telah mengevaluasi insiden pada masa uji coba sebelumnya, sehingga kejadian serupa tidak akan terjadi di kemudian hari.

Baca Juga: Pemerintah Targetkan Soft Launching LRT Jabodebek pada 17 Agustus 2022

"KAI telah mempersiapkan strategi komprehensif dan mengembangkan protokol keselamatan yang ketat di seluruh proses pengujian hingga pengoperasian LRT nantinya," papar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam keterangan resminya, hari ini. 

Upaya pencegahan tersebut di antaranya adalah melakukan serangkaian pengujian, pengecekan, dan perawatan yang dilakukan berkala oleh tenaga yang kompeten dan diawasi oleh para ahli di bidangnya. Hal ini dilakukan mengingat LRT Jabodebek akan dioperasikan sistem secara otomatis.

"Walaupun tanpa adanya masinis, otomatisasi sistem yang bekerja dengan baik sesuai pemrograman akan dengan sendirinya menjamin keselamatan," jelas Joni.

Sistem otomatis yang terpadu ini terdiri dari dua komponen kunci, yaitu persinyalan dan telekomunikasi. Persinyalan akan mengatur jarak antar kereta, melakukan akselerasi dan pengereman secara otomatis. Sedangkan telekomunikasi yang mengatur komunikasi data, pengaturan suplai daya dan proteksi dari sisi kelistrikan.

Editor: Handoyo .

Terbaru