Ma'ruf Amin Resmikan Pembukaan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo untuk Umum

Selasa, 28 Februari 2023 | 23:20 WIB Sumber: Kompas.com
Ma'ruf Amin Resmikan Pembukaan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo untuk Umum

ILUSTRASI. Pengunjung berdiri di depan Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Jawa Tengah,


MASJID - JAKARTA. Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meresmikan pembukaan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo untuk masyarakat, Selasa (28/2/2023) malam.

"Saya berharap peran dan kontribusi Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ini sebagai corong kesejukan dan kedamaian bagi masyarakat," kata Ma'ruf Amin, dikutip dari YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia, Selasa.

Ma'ruf Amin juga berharap agar pembukaan masjid ini dapat menambah kuat karakter masyarakat Islam yang kuat akidahnya, serta berwatak keislaman, kebangsaan, dan keindonesiaan.

Pembukaan masjid ini juga diharapkan akan meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka membangun dan merawat harmoni kerukunan dan persatuan.

Baca Juga: Masjid Sheikh Zayed Solo Dibuka Lagi Hari Ini, ZHO Abu Dhabi Kirim Rehal Al Quran

"Saya ikut bersyukur atas pembukaan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ini, sekaligus juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Yang Mulia Presiden Emirat Mohamed bin Zayed," ujar Ma'ruf Amin.

Ia lantas berpesan kepada pengurus dan pengelola Masjid Raya Shekh Zayed agar tetap semangat menjalankan kegiatan dan program kegamaan, dakwah, pemberdayaan umat, serta sosial masyarakat.

Sementara itu, pembukaan Masjid Raya Sheikh Zayed ini dilaksanakan sekaligus dengan peringatan Isra Mi'raj tingkat kenegaraan tahun 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Ma'ruf Amin menyampaikan pesan kepada umat Islam agar menjadi pihak terdepan dalam mengamalkan sikap moderat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ia mengatakan, sikap moderat relevan dan harus dijadikan pedoman karena Indonesia adalah bangsa yang majemuk.

"Sikap moderat akan menumbuhkan kerukunan yang hakiki, baik antara sesama pemeluk agama, sesama umat Islam, ukhuwah islamiyah, antara sesama warga bangsa, ukhuwah wathaniyah, ataupun antar sesama anak manusia, ukhuwah insaniyah," kata Ma'ruf Amin.

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo sebelumnya telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) pada 14 November 2022. Namun, setelah diresmikan, masjid itu belum bisa dikunjungi publik sebelum pembukaannya diresmikan.

Baca Juga: Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Dibuka Untuk Umum Besok (28/2), Apa Saja Fasilitasnya?

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo merupakan replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA. Dengan demikian, pembangunannya dirancang mirip dengan aslinya. Masjid ini adalah hadiah MBZ untuk Jokowi dan digadang-gadang akan menjadi yang terbesar di Kota Solo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wapres Resmikan Pembukaan Masjid Sheikh Zayed Solo untuk Umum"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru