Minimal 2 hari untuk pastikan pasien yang dirawat di RSPI terinfeksi virus corona

Jumat, 24 Januari 2020 | 13:35 WIB Sumber: Kompas.com
Minimal 2 hari untuk pastikan pasien yang dirawat di RSPI terinfeksi virus corona

ILUSTRASI. Minimal butuh waktu dua hari untuk pastikan pasien yang dirawat di RSPI terinfeksi virus coronaREUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. CHINA OUT.


VIRUS CORONA - JAKARTA. Butuh dua sampai tiga hari untuk memastikan R (35) pasien yang sedang dirawat di RSPI Sulianti Saroso terinfeksi virus corona. 

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Pokja Infeksi Emerging RSPI dokter Pompini Agustina yang merawat pasien. "Sampai saat ini kita mengirim ke Litbang. Mudah-mudahan dalam 2-3 hari ini sudah keluar," kata Pompini kepada wartawan, Jumat (24/1). 

Baca Juga: Ini kronologi pasien suspect virus corona hingga dirawat di RSPI Sulianti Saroso

Pompini menyebutkan, sejauh ini tindakan yang sudah mereka lakukan yakni mengambil sejumlah sampel dari tubuh korban. Sampel tersebut diambil dari hidung dan tenggorokan. 

Selain itu petugas juga mengambil dahak pasien untuk kemudian diteliti di laboratorium. Petugas juga sudah memberikan obat sesuai dengan masing-masing gejala yang dialami pasien. "Ketika pasien sakit yang dilakukan adalah asesmen juga kepada keluarga," ujar Pompini.

 Baca Juga: Ilmuwan China: Wabah virus corona bisa lebih buruk 10 kali lipat dibanding Sars!

Saat ini, pasien masih dirawat di dalam ruang isolasi RSPI dengan kondisi yang sudah semakin membaik. Namun, hanya petugas yang menggunakan peralatan khusus yang boleh berinteraksi langsung dengan pasien yang diduga terinfeksi virus corona

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Butuh 3 Hari untuk Pastikan Pasien yang Dirawat di RSPI Terinfeksi Virus Corona"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru