Jabodetabek

MRT Selesaikan Pembangunan Terowongan Penghubung Stasiun Glodok dan Kota

Senin, 28 Oktober 2024 | 17:18 WIB   Reporter: Leni Wandira
MRT Selesaikan Pembangunan Terowongan Penghubung Stasiun Glodok dan Kota

ILUSTRASI. PT MRT Jakarta berhasil menyelesaikan pembangunan terowongan southbound yang menghubungkan Stasiun Kota dan Stasiun Glodok. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/rwa.


MRT - JAKARTA. PT MRT Jakarta (Perseroda) berhasil menyelesaikan pembangunan terowongan southbound yang menghubungkan Stasiun Kota dan Stasiun Glodok. Dengan begitu, kedua terowongan, baik northbound maupun southbound yang terletak di antara kedua stasiun, telah selesai dibangun.

“Siang ini, salah satu peristiwa penting berhasil ditorehkan dengan baik, yaitu terselesaikannya pembangunan terowongan southbound dari Stasiun Kota menuju Stasiun Glodok. Saat ini, kita berada di sisi utara Stasiun Glodok dengan kedalaman sekitar 18,45 meter di bawah permukaan tanah,” ungkap Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta (Perseroda) Weni Maulina dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/10).

Menurutnya, panjang terowongan yang berhasil dibangun sekitar 240 meter. Ini merupakan terowongan yang nantinya menjadi jalur kereta menuju ke arah selatan atau Lebak Bulus.

Sebelumnya, terowongan northbound (arah Kota) telah berhasil selesai dikerjakan pada Juli 2024.

Baca Juga: Dirut MRT Jakarta: Wapres Gibran Terkesan dengan Progres Pembangunan Stasiun Monas

Mesin bor terowongan 1 yang membangun terowongan ini, tambah Weni, bekerja dari Stasiun Kota sejak 4 September 2024 bekerja dalam dua shift, siang dan malam.

Selanjutnya, mesin bor terowongan 1 ini akan dipersiapkan untuk melanjutkan pembangunan terowongan southbound dari sisi selatan Stasiun Glodok menuju sisi utara Stasiun Mangga Besar. 

Sedangkan terowongan northbound sedang dalam proses pengerjaan oleh mesin bor terowongan 2 dari sisi selatan Stasiun Glodok menuju sisi utara Stasiun Mangga Besar.

Baca Juga: MRT Jakarta Luncurkan Paket Langganan Tiket MRT Melalui Maxride

Rencananya, akan dibangun terowongan sepanjang 436 meter. Per akhir Oktober ini, telah mencapai sekitar 181 meter dan ditargetkan selesai pada akhir 2024.

"Stasiun Glodok merupakan salah satu stasiun yang dibangun bersama Stasiun Kota dalam paket kontrak CP203. Stasiun Glodok terdiri dari dua lantai dengan panjang sekitar 240 meter, lebar 19,8 meter, dan berada di kedalaman hingga 18 meter. Sedangkan Stasiun Kota dibangun hingga tiga lantai di bawah tanah dengan panjang 231 meter, lebar 17 meter, dan mencapai hampir 24 meter di bawah tanah," pungkasnya.

Selanjutnya: Amran Sudah Copot 2 Pejabat Kementan yang Terima Fee Pengadaan Barang dan Jasa

Menarik Dibaca: Promo Alfamart Terbaru s/d 31 Oktober 2024, Sarden-Kaldu Bubuk Beli 1 Gratis 1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .
Terbaru