Jabodetabek

Pelajar di Kota Tangerang akan diberi internet gratis, ini skemanya

Kamis, 06 Agustus 2020 | 15:08 WIB Sumber: Kompas.com
Pelajar di Kota Tangerang akan diberi internet gratis, ini skemanya

ILUSTRASI. Pemerintah Kota Tangerang akan memberikan akses internet gratis bagi pelajar tidak mampu mulai September 2020 . SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ

KONTAN.CO.ID - Tangerang. Kabar gembira bagi pelajar di Kota Tangerang. Guna mendukung kesuksesan program pembelajaran jarak jauh, Pemerintah Kota Tangerang akan menyediakan fasilitas internet gratis bagi pelajar.

Fasilitas internet gratis bagi pelajar di Kota Tangerang akan disalurkan melalui rukun warga (RW). Nantinya, di setiap RW bakal terdapat satu lokasi yang bisa digunakan para pelajar untuk akses internet secara gratis.

Baca juga: Viral video prewedding gagal akibat ledakan di Lebanon

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tangerang Mulyani mengatakan, program internet gratis untuk pelajar bisa dinikmati pelajar di Kota Tangerang awal September 2020. "Targetnya 1 September sudah bisa dimulai, Agustus ini tahap persiapan," kata Mulyani, Kamis (6/8/2020).

Mulyani mengatakan, setidaknya sudah ada 500 rukun warga (RW) yang lolos verifikasi kriteria dan menjadi titik fasilitas internet gratis untuk pelajar di Kota Tangerang.

Namun, RW yang berada di perumahan elite tidak akan dipasang fasilitas internet gratis. "Tapi, RW yang berada di kompleks elite yang mampu tidak diusulkan. Ini untuk kebutuhan belajar masyarakat yang tidak mampu prioritasnya," ujar Mulyani.

Mulyani menjelaskan, perangkat internet gratis tersebut akan dipasang di ruang publik yang cukup besar, seperti masjid, balai warga, dan mushala, sehingga bisa menampung banyak siswa.

Dia juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kelurahan agar bisa mengatur tempat internet gratis dengan protokol kesehatan yang ada. "Kami koordinasi juga dengan pihak kelurahan RT-RW untuk bisa mengawasi agar protokol kesehatan bisa dilaksanakan," kata dia.

Baca juga: nilah harga mobil baru LCGC Agustus, Wagon R, Brio Satya, Calya, Agya diskon jutaan

Adapun kecepatan akses internet di fasilitas internet gratis tersebut diberikan dengan kecepatan 50 megabyte per detik. Untuk kriteria anak yang layak mendapat internet gratis, Mulyani menyerahkan kepada RT-RW setempat. "Yang penting untuk yang tidak mampu, wilayah yang menentukan siapa yang bisa mengakses," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bakal Ada 500 Titik Internet Gratis untuk Pelajar Kota Tangerang Awal September 2020",

Editor: Adi Wikanto


Terbaru