Pemprov Kalbar mengimpor oksigen dari Malaysia

Kamis, 22 Juli 2021 | 13:34 WIB Sumber: Kompas.com
Pemprov Kalbar mengimpor oksigen dari Malaysia

ILUSTRASI. Pekerja membongkar muat tabung oksigen di gudang PT Indo Gas Papua, Kabupaten Keerom, Papua, Rabu (14/7/2021).

KONTAN.CO.ID - PONTIANAK. Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) tengah mengimpor oksigen dari Serawak, Malaysia. Impor oksigen tersebut untuk mendukung stok dan pasokan oksigen dalam penanganan pasien Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harisson mengatakan, proses tersebut tidak mudah, karena menyangkut perdagangan antarnegara. Maka dari itu, pihaknya sudah menyurati Ketua Menteri Serawak, Malaysia, untuk meminta izin.

“Pemprov Kalbar mendukung beberapa perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan oksigen untuk mengimpor oksigen dari Kuching, Malaysia,” kata Harisson, Kamis (22/7). Harisson mengklaim, Ketua Menteri Serawak telah menyetujui upaya tersebut.

Baca Juga: Cara menaikkan saturasi oksigen pasien Covid-19 rekomendasi Kemenkes

Hanya sekarang, masih menghitung kebutuhan oksigen di Malaysia. “Sebenarnya ketua menteri setuju, tinggal administrasi di bawahnya, mereka harus melakukan penghitungan berapa oksigen yang diperlukan. Jika lebih, itu yang dijual,” ucap Harisson.

Harisson berharap, dalam dekat proses administrasi tersebut selesai, karena mobil-mobil yang akan mengangkut oksigen tersebut sudah disiagakan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalbar. “Kami juga dibantu oleh Konjen RI di Kuching, kemudian untuk di Kalbar berkoordinasi dengan Kanwil Bea Cukai dan Imigrasi,” pungkas Harisson.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Pemprov Kalbar Impor Oksigen dari Malaysia.
Penulis: Kontributor Pontianak, Hendra Cipta
Editor: Khairina

Baca Juga: Ini upaya pemerintah penuhi kebutuhan oksigen dalam penanganan pandemi

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru