Peringatan Dini Cuaca Jakarta Selasa (4/10): Siang-Sore Hujan Disertai Kilat & Petir

Selasa, 04 Oktober 2022 | 08:08 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
Peringatan Dini Cuaca Jakarta Selasa (4/10): Siang-Sore Hujan Disertai Kilat & Petir

ILUSTRASI. Warga berjalan menggunakan payung saat hujan lebat di kawasan Sarinah Thamrin, Jakarta, Selasa (5/4/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.


PRAKIRAAN CUACA - JAKARTA. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca di DKI Jakarta Selasa 4 Oktober 2022.

BMKG mengingatkan agar masyarakat waspada terhadap potensi hujan yang disertai kilat dan petir serta angin kencang pada Selasa (4/10).

Potensi hujan disertai kilat dan petir ini terutama terjadi di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang dan sore hari.

Berikut perincian prakiraan cuaca berdasarkan wilayah di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga: Hujan Deras di DKI Jakarta, Beberapa Wilayah ini Rawan Pergerakan Tanah dan Longsor

  • Jakarta Timur

Siang potensi terjadi hujan petir, malam hari dan dini hari cuaca berwan dengan suhu rata rata 25-32 C. Sementara tingkat kelembaban udara diperkirakan mencapai 70%-95% sepanjang hari.

  • Jakarta selatan

Siang potensi terjadi hujan petir, malam hari cuaca berwan dan dini hari  cerah berawan dengan suhu udara rata rata 25-32 C. Sementara tingkat kelembaban udara diperkirakan mencapai 70%-95% sepanjang hari

  • Jakarta Pusat

Siang potensi terjadi hujan ringan, malam hari dan dini hari cuaca berawan dengan suhu rata rata 25-31 C. Sementara tingkat kelembaban udara diperkirakan mencapai 70%-95% sepanjang hari.

Baca Juga: Cuaca Besok di Jakarta dan Sekitarnya dari BMKG Hujan Lebat, Waspada Petir

  • Jakarta Barat 

Siang dan malam hari berpotensi terjadi hujan ringan, dan dini hari cuaca berawan dengan suhu rata rata 25-32 C. Sementara tingkat kelembaban udara diperkirakan mencapai 70%-95% sepanjang hari.

  • Jakarta Utara

Pada siang, malam dan dini hari cuaca berawan dengan suhu rata rata 26-31 C. Sementara tingkat kelembaban udara diperkirakan mencapai 70%-95% sepanjang hari.

  • Kepulauan Seribu 

Pada siang, malam dan dini hari berawan dan dini hari berpotensi terjadi hujan ringan dengan suhu rata rata 25-30 C. Sementara tingkat kelembaban udara diperkirakan mencapai 70%-90% sepanjang hari.

Baca Juga: Peringatan BMKG Cuaca Hari Ini Hujan Lebat, Status Wilayah Ini Siaga Waspada Bencana

Sementara secara terpisah Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta memberikan informasi dan peringatan dini potensi terjadinya bencana alam tanah longsor di beberapa titik di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Peringatan dini rawan bencana longsor di beberapa titik di DKI Jakarta ini seiring dengan tingginya intensitas hujan beberapa hari terakhir yang diprediksi terus terjadi pada bulan Oktober 2022.

Prakiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), beberapa daerah di Provinsi DKI Jakarta berada di Zona Menengah-Tinggi, yaitu:

Baca Juga: Prakiraan BMKG Cuaca Hari Ini di Jakarta dan Sekitarnya Hujan, Cek Wilayahnya di Sini

  • 1. Jakarta Barat, meliputi wilayah Kecamatan Kembangan.
  • 2. Jakarta Selatan, meliputi wilayah Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, dan Pesanggrahan.
  • 3. Jakarta Timur, meliputi wilayah Kecamatan Cipayung, Ciracas, Kramatjati, Makasar dan Pasar Rebo.

Pada Zona Menengah dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan. 

Sementara pada Zona Tinggi, gerakan tanah lama dapat aktif kembali.

Untuk itu, BPBD DKI Jakarta mengimbau kepada Lurah, Camat, dan masyarakat agar tetap mengantisipasi adanya potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru