PKB dan PAN Dukung Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020

Selasa, 21 Juli 2020 | 16:35 WIB Sumber: Kompas.com
PKB dan PAN Dukung Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020

ILUSTRASI. Bakal calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan bakal calon Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa (kanan) . ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/pras.


PILKADA - SOLO. Sejumlah partai politik (parpol) di Solo, Jawa Tengah, mulai merapatkan barisan guna memberikan dukungan kepada pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang diusung PDI-P, yakni Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa. Parpol yang sudah menyatakan dukungan untuk pasangan Gibran-Teguh tersebut adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN). 

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Solo Mohamad Rofiq mengatakan, pemberian dukungan kepada pasangan Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020 telah mendapat restu dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jateng. 

"PKB Solo mendukung anak muda untuk Solo ke depan. Kota wisata, kota budaya di tangan anak muda kita berharap bisa melakukan lompatan, memajukan Solo dengan percepatan-percapatan. Hari ini anak muda yang kita lihat bisa melakukan," katanya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (21/7/2020). 

Baca Juga: Pertemuan Jokowi-Achmad Purnomo tak bahas pencalonan Wali Kota Solo

Rofiq mengatakan, sudah melakukan komunikasi politik dengan tim pemenangan Gibran terkait pemberian dukungan. Bahkan, pihaknya siap menyumbangkan 15.000 suara untuk memenangkan Gibran-Teguh. 

"Kita sudah melakukan deklarasi dukungan kepada Mas Gibran di Pilkada Solo 2020. Kita punya kantong-kantong suara di Pileg 2014. Kita tidak muluk-muluk 15.000 suara kita bisa sumbangkan untuk Mas Gibran," cetus dia. 

Ketua DPD PAN Solo Achmad Sapari mengatakan, pemberikan dukungan Gibran-Teguh menindaklanjuti perintah dari DPP, PAN Solo akan mengusung pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa. "Jadi kami pengusung, bukan pendukung. Kemudian nanti harapan saya mudah-mudahan Solo tentram, ayem, adil, makmur dan sejahtera," kata Sapari. 

Sekretaris DPW PAN Jateng Umar Hasyim menambahkan, peta Pilkada Solo sudah sangat jelas setelah PDI-P menurunkan rekomendasinya kepada Gibran-Teguh sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Solo. 

Baca Juga: Jokowi dinilai sedang membangun dinasti politik

"Saya mengingatkan kepada DPD apa yang nanti menjadi pembicaraan teman-teman DPD untuk kemudian pendekatan partai pengusung utama yaitu PDI-P dan nanti segera dirapatkan dalam pleno yang diperluas dalam pleno itu mengundang DPW PAN Jateng dan yang memimpin dalam rapat pleno adalah DPW PAN Jateng," kata Umar. 

Berdasarkan hasil pleno tersebut selanjutnya dibawa ke DPW PAN Jateng untuk kemudian diserahkan kepada DPP PAN untuk mendapatkan surat keputusan. "Sehingga meskipun ini secara pendekatan sudah menyepakati apakah pengusung atau pendukung itu saya belum tau nanti gimana dari DPD. Kalau pengusung ya Alhamdulillah. Tapi harus dibicarakan detail dengan PDI-P. Agar nanti tidak saling mengklaim. Jangan sampai seperti itu," terang dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PKB dan PAN Solo Nyatakan Dukung Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru