Plt Bupati sebut Kabupaten Kudus kembali ke zona hijau covid-19

Minggu, 24 Mei 2020 | 15:45 WIB Sumber: Kompas.com
Plt Bupati sebut Kabupaten Kudus kembali ke zona hijau covid-19

ILUSTRASI. Petugas medis melakukan tes diagnostik cepat COVID-19 (Rapid Test) di Pasar Sore Manukan, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (22/5/2020). Tes diagnostik cepat terhadap sejumlah pedagang di pasar itu guna mengetahui kondisi kesehatan mereka sebagai upaya untuk me


VIRUS CORONA -  KUDUS. Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, saat ini telah beralih dari zona merah virus corona atau Covid-19, menjadi berstatus zona hijau.

Zona hijau menandakan suatu wilayah aman dari penyebaran virus corona, dengan jumlah pasien yang sangat berkurang atau tidak ada sama sekali.

Meski demikian, masih ada seorang warga Kudus yang terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien tersebut masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Baca Juga: Alibaba Group optimistis ekonomi pulih dan targetkan penjualan RMB 650 miliar

"Status Kabupaten Kudus saat ini zona hijau Covid-19," kata Pelaksana tugas Bupati Kudus HM Hartopo saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (23/5/2020).

Menurut Hartopo, status zona hijau ini ditetapkan menyusul jumlah kasus positif Covid-19 di Kudus berkurang secara signifikan. Namun, Pemkab Kudus tetap mengimbau masyarakat supaya tetap menjaga jarak atau social distancing dan physical distancing.

"Kewaspadaan tetap harus ditingkatkan," kata Hartopo yang sekaligus menjadi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Kudus.

Sejauh ini, menurut Hartopo, tidak ada lagi pasien yang ditangani di sejumlah tempat karantina di wilayah Kabupaten Kudus. Hanya saja, para petugas tetap berjaga dan siaga di lokasi karantina tersebut.

Baca Juga: Begini pesan kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam perayaan Idul Fitri tahun ini

"Tempat karantina sudah kosong, namun petugas tetap ditugaskan berjaga," kata Hartopo.

Tutup Perbatasan Saat Lebaran Hingga saat ini, dari total 33 pasien positif corona di Kudus, masih tersisa 1 pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit. Dari 33 kasus tersebut, sebanyak 28 orang sembuh dan 4 meninggal dunia. (Kontributor Grobogan, Puthut Dwi Putranto Nugroho)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bupati Sebut Kabupaten Kudus Kembali ke Zona Hijau Covid-19"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru