PMI dan Samsung resmikan samsung smart learning class di Palu

Selasa, 23 November 2021 | 17:22 WIB   Reporter: Achmad Jatnika
PMI dan Samsung resmikan samsung smart learning class di Palu

Sekjen Palang Merah Indonesia (PMI) Sudirman Said meresmikan Samsung Smart Learning Class di Palu, Sulawesi Tengah.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Palang Merah Indonesia (PMI) bersama PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN) meresmikan Kelas Pembelajaran Digital di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (23/11).

Fasilitas bernama Samsung Smart Learning Class (SSLC) ini didirikan di tiga sekolah di Palu. SSLC diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan berbasis digital di Indonesia.

Dalam keterangan resmi yang diterima Kontan, Selasa (23/11) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PMI Sudirman Said mengatakan, meski pembelajaran tatap muka (PTM) mulai digelar, model pembelajaran digital tetap diperlukan untuk meningkatkan mutu materi ajar.

Dengan adanya SSLC diharapkan dapat turut membantu pengembangan kapasitas Palang Merah Indonesia seperti penerapan berbagai aplikasi kepalangmerahan dalam Pengembangan Palang Merah Remaja (PMR) di sekolah-sekolah Wilayah Kota Palu khususnya dan Sulawesi Tengah umumnya.

Baca Juga: Samsung bangun pabrik chip baru di AS senilai US$ 17 miliar

"Pandemi mengajarkan banyak hal, mulai dari kebiasaan memakai masker sampai kebiasaan belajar mengajar. Pandemi mulai melandai, tapi kebiasaan ini bisa diteruskan untuk tujuan lain, untuk pengayaan materi, misalnya," jelas Sudirman Said.

Keberadaan SSLC di SDN 1 Tatura , SDN 2 Panau, dan MTs Al-Khairat Pusat diharapkan akan meningkatkan efektivitas kegiatan belajar mengajar.

Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia Ennita Pramono menjelaskan, SSLC dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan mendorong keingintahuan bagi siswa, serta membantu guru mulai dari mencari materi ajar, maupun untuk dijadikan alat peraga yang lebih interaktif dan berkualitas.

SSLC dilengkapi Galaxy Tab A with S Pen yang di dalamnya telah ditanamkan aplikasi materi pembelajaran berupa buku digital interaktif dan perpustakaan elektronik untuk berbagai mata pelajaran pada semua tingkatan, serta manajemen sistem pembelajaran untuk memantau pemanfaatan Galaxy Tab A oleh para peserta didik di sekolah.

Baca Juga: Simak harga HP Samsung terbaru 2021 dari Galaxy A Series, mulai dari Rp 1 jutaan

Selain Galaxy Tab, SSLC juga didukung dengan Samsung Smart TV, Samsung AC, dan WLAN (Access Point) untuk memberikan pengalaman saling terkoneksi dan menyenangkan dalam proses pembelajaran.

Untuk mempersiapkan pemanfaatan kelas dan fasilitas SSLC secara maksimal, Samsung juga memberikan pelatihan kepada para pendidik di tiga sekolah tersebut, antara lain terkait penggunaan gawai, pemanfaatan aplikasi digital, serta pengenalan materi-materi pembelajaran yang telah ditanamkan di dalam gawai tersebut.

 

Selanjutnya: Ada integrasi NIK-NPWP, pengeluaran orang-orang kaya kian mudah ditelisik

Editor: Yudho Winarto
Tag
Terbaru