Promo HUT Jakarta Ke-495, Hari Ini Masuk 11 Museum, Transjakarta, LRT & MRT Gratis

Rabu, 22 Juni 2022 | 07:04 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Promo HUT Jakarta Ke-495, Hari Ini Masuk 11 Museum, Transjakarta, LRT & MRT Gratis

ILUSTRASI. Promo HUT Jakarta Ke-495, Hari Ini Masuk 11 Museum, Transjakarta, LRT & MRT Gratis


JAKARTA - Jakarta. Hari ini Rabu 22 Juni 2022 adalah Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-495. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan banyak promo untuk merayakan HUT ke-495.

Promo perayaan HUT Jakarta ke-495 antara lain gratis menggunakan layanan transportasi publik seperti Transjakarta, LRT, dan MRT. Promo perayaan HUT Jakarta ke-495 lainnya adalah gratis masuk ke 11 museum.

Mengutip keterangan di website Berita Jakarta milik Pemprov DKI Jakarta, promo HUT Jakarta ke-495 berupa gratis Transjakarta, MRT dan LRT tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor e-0076 Tahun 2022 Tentang Penugasan Tarif Layanan Khusus Transportasi Umum Transjakarta, MRT Jakarta dan LRT Jakarta Dalam Rangka HUT DKI Jakarta ke-495.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, pengguna Transjakarta, MRT dan LRT tidak dikenakan biaya alias gratis pada HUT Jakarta 22 Juni 2022 mulai pukul 00.00 sampai 23.59.

“Selain berpartisipasi dalam Jakarta Hajatan ke-495, ini juga bentuk apresiasi bagi pengguna transportasi umum massal,” ungkap Syafrin, Selasa (21/6).

Baca Juga: HUT Jakarta Ke-495, Ini Jadwal SIM Keliling Di Ibu Kota Hari Rabu 22 Juni 2022

Syafrin menambahkan, Layanan Mikrotrans, Layanan Rusun, Bus Wisata, Transjakarta Cares dan layanan Transjakata lainnya juga digratiskan untuk perayaan HUT Jakarta ke-495.

Kendati gratis, pelanggan tetap diwajibkan melakukan tap ini dan tap out baik pada mesin gate maupun alat Tap on Bus (TOB) yang tersedia di dalam armada. Selain itu, juga mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang berlaku di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.

“Dengan digratiskannya layanan Transjakarta, MRT dan LRT diharapkan dapat mendorong perubahan perilaku atau shifting behaviour masyarakat untuk beralih ke transportasi publik,” tandas Syafrin.

Promo HUT Jakarta museum gratis

Promo lainnya, warga Jakarta juga bisa berekreasi ke museum selama HUT Jakarta ke-495 ini. Pemprov DKI Jakarta menggratiskan kunjungan warga ke-11 museum yang dikelola Dinas Kebudayaan pada 22 Juni 2022, bertepatan dengan HUT ke-495 Kota Jakarta.

Sebanyak 11 museum yang digratiskan bagi pengunjung selama perayaan HUT Jakarta ke-495 hari ini adalah

  1. Museum Sejarah Jakarta
  2. Museum Joang ‘45
  3. Museum Prasasti
  4. Museum MH Thamrin
  5. Museum Tekstil
  6. Museum Seni Rupa dan Keramik
  7. Museum Wayang
  8. Museum Bahari
  9. Taman Arkeologi Onrust
  10. Rumah Si Pitung
  11. Museum Betawi Setu Babakan.

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan, selain dalam rangka menyemarakkan HUT Jakarta ke-495, tujuan promo gratis biaya masuk ke museum ini sekaligus untuk melepas kerinduan masyarakat berwisata edukasi di museum.

“Kami ingin masyarakat, khususnya anak-anak bisa lebih tertarik melakukan kunjungan ke museum dan semakin semangat untuk belajar tentang sejarah,” ujarnya, Selasa (21/6).

Menurut Iwan, museum merupakan tempat yang sarat akan nilai-nilai edukasi karena menjadi bagian penting perjalanan sejarah bangsa. Selain itu, ada banyak hal yang bisa dipelajari di museum, termasuk seni dan budaya.

“Maka itu, Pemprov DKI berkontribusi dan memfasilitasi wisata edukasi warga ke museum dengan menggratiskan kunjungan saat Jakarta Hajatan," ucapnya.

Iwan menambahkan, tata kelola museum di bawah Dinas Kebudayaan DKI Jakarta kini jauh lebih baik dengan adanya fasilitas yang makin lengkap dan modern. “Para pemandu wisatanya juga ramah. Sehingga membuat para pengunjung semakin senang datang ke museum,” tandasnya.

Itulah daftar promo gratis selama perayaan HUT Jakarta ke-495 hari ini, 22 Juni 2022. Dirgahayu HUT Kota Jakarta ke-495.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru