PU Pera anggarkan Rp 45 M bangun jalan perbatasan

Kamis, 05 Januari 2017 | 22:39 WIB Sumber: Antara

NUNUKAN. Pemerintah pusat mengalokasikan anggaran sebesar Rp 45 miliar untuk pembangunan jalan di wilayah perbatasan RI-Malaysia di Long Bawan-Long Midang Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

"Pemerintah pusat sangat komitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan RI-Malaysia di Provinsi Kaltara dengan membangun infrastruktur jalan," ungkap Gubernur Kaltara Irianto Lambrie melalui keterangan tertulis, Kamis (5/1).

Meskipun dilakukan secara bertahap, kata Irianto, masyarakat perbatasan di Provinsi Kaltara patut bersyukur kepada pemerintah yang terus mengucurkan dana untuk peningkatan pembangunan.

Adapun alokasi anggaran untuk pembangunan infrastruktur jalan dari Long Bawan menuju Long Midang Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan diambil dari APBN 2017. Proyek telah dilelang serta penandatanganan kontrak sudah dilakukan pada Januari 2017.

Menurut informasi dari Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I Kaltara, penganggaran dilakukan melalui Kementerian PU dan Perumahan Rakyat (PU Pera).

Lanjut Irianto, sebelumnya, pemerintah pusat juga telah mengucurkan dana untuk pembangunan infrastruktur jalan dari Kabupaten Malinau menuju Long Bawan. Kemudian telah dikerjakan pula jalanan dari Long Ampung-Long Nawang-Data Dian-Pujungan dalam wilayah Kabupaten Malinau.

"Jalanan yang telah dikerjakan di Kabupaten Malinau dengan menggunakan dana APBN mulai dimanfaatkan masyarakat di wilayah perbatasan. Dengan tersedianya jalan darat maka otomatis perekonomian masyarakat setempat mulai bergerak yang berujung pada peningkatan kesejahteraan," paparnya. (M Rusman)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru