Peristiwa

Pulihkan Ekosistem, Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutup Sementara Mulai 31 Oktober

Jumat, 25 Oktober 2024 | 10:33 WIB Sumber: Kompas.com
Pulihkan Ekosistem, Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutup Sementara Mulai 31 Oktober

ILUSTRASI. Seluruh jalur pendakian di Taman Nasional Gunung Merbabu ditutup sementara guna pemulihan ekosistem mulai 31 Oktober 2024.


GUNUNG - BOYOLALI. Seluruh jalur pendakian di Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) ditutup sementara guna pemulihan ekosistem pada 31 Oktober 2024. 
Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayan II Tri Wiyanto membenarkan informasi penutupan sementara seluruh jalur pendakian di Taman Nasional Gunung Merbabu. 

Penutupan sementara seluruh jalur pendakian tersebut dilakukan hingga waktu yang belum ditentukan. 

"Iya, tanggal 31 Oktober jalur pendakian ditutup sesuai dengan pengumuman di akun resmi sosmed Balai Taman Nasional Gunung Merbabu," kata Tri dikonfirmasi Kompas.com melalui telepon, pada Kamis (24/10) malam. 

Baca Juga: Seluruh Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutup Imbas Kebakaran Hutan yang Meluas

Penutupan sementara tersebut juga terkait masa transisi penerapan Peraturan Pemerintah RI Nomor 36 Tahun 2024 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

Diketahui, jalur pendakian Taman Nasional Gunung Merbabu ada lima, yakni jalur pendakian Selo, Suwanting, Wekas, Thekelan dan Cuntel. 

Sementara dikutip dari akun resmi Instagram @btn_gn_merbabu bahwa penutupan sementara seluruh jalur pendakian di Taman Nasional Gunung Merbabu tertuang dalam surat pengumuman Nomor: PG.56/T.35/TU/HMS.2.8/B/10/2024 tentang Penutupan Obyek Wisata Pendakian Taman Nasional Gunung Merbabu. 

Surat pengumuman penutupan sementara seluruh jalur pendakian Taman Nasional Gunung Merbabu dikeluarkan pada 16 Oktober 2024. 

Surat pengumuman itu ditandatangani oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Dr Anggit Haryoso. 

Baca Juga: Luasan Lahan Terbakar Gunung Merbabu Mencapai 489,07 ha

"Dalam rangka pemulihan ekosistem dan masa transisi penerapan Peraturan Pemerintah RI Nomor 36 Tahun 2024 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, maka seluruh jalur pendakian di Taman Nasional Gunung Merbabu ditutup sementara mulai tanggal 31 Oktober 2024 sampai waktu yang belum ditentukan," tulis dalam pengumuman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutup Sementara Mulai 31 Oktober"

Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2024/10/25/101750178/jalur-pendakian-gunung-merbabu-ditutup-sementara-mulai-31-oktober.

 

Selanjutnya: Harga Pangan di Kalimantan Timur, 25 Oktober 2024: Harga Cabai, Telur, & Bawang Naik

Menarik Dibaca: Ini Tips Cara Mencuci Handuk dengan Benar Supaya Bersih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi
Terbaru